Enter your keyword

(Bahasa) Wisuda Virtual Universitas Negeri Jakarta Tahun Akademik 2020/2021

(Bahasa) Wisuda Virtual Universitas Negeri Jakarta Tahun Akademik 2020/2021

(Bahasa) Wisuda Virtual Universitas Negeri Jakarta Tahun Akademik 2020/2021

Humas UNJ, Jakarta - Rabu, 13 Oktober 2021 diselenggarakan Wisuda Virtual UNJ kedua pada semester 114 Tahun Akademik 2020/2021. Pada Wisuda Virtual UNJ ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom dan live streaming melalui kanal YouTube Edura TV. Pelaksanaan wisuda UNJ yang masih dilakukan secara virtual sebagai bentuk respon atas pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia dan dunia.

Pada Wisuda Virtual Tahun Akademik 2020/2021 ini, UNJ mewisuda 3.069 lulusan yang berasal dari Program Ahli Madya (D3), Sarjana (S1), Magister (S2) hingga Doktoral (S3). Dengan rincian, (1) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), jumlah wisudawan sebanyak 304 wisudawan; (2) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) , jumlah wisudawan sebanyak 381 wisudawan; (3) Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), jumlah wisudawan sebanyak 215 wisudawan; (4) Fakultas Ilmu Sosial (FIS), jumlah wisudawan sebanyak 483 wisudawan; (5) Fakultas Teknik (FT), jumlah wisudawan sebanyak 565 wisudawan; (6) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), jumlah wisudawan sebanyak 322 wisudawan; (7) Fakultas Ekonomi (FE), jumlah wisudawan sebanyak 391 wisudawan; (8) Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi), jumlah wisudawan sebanyak 209 wisudawan; dan (9) Pascasarjana, jumlah wisudawan sebanyak 199 wisudawan. Walaupun dilakukan secara virtual, Wisuda Tahun Akademik 2020/2021 dapat diselenggarakan dengan baik, penuh khidmat dan semarak serta menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Pada Wisuda Virtual Tahun Akademik 2020/2021 ini, turut diundang Wakil Ketua MPR RI, Dr. Jazilul Fawaid; Ketua Komisi X DPR RI, H. Syaiful Huda; Ketua Komite III DPD RI, Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H., M.Si; Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI/Ketua Dewan Penyantun UNJ, Jenderal Purn TNI Dr. Wiranto dan Para Anggota Dewan Penyantun; Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik/Ketua IKA UNJ, Juri Ardiantoro, Ph.D dan Para Pengurus IKA UNJ; Ketua Dewan Pengawas UNJ, Prof. Ainun Naim, Ph.D dan Para Anggota Dewan Pengawas; Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek RI: Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D dan Para Pimpinan di Lingkungan Kemdikbudristek; Ketua Yayasan Akademi Olahraga Prestasi Nasional (AKORNAS), Mayjen. TNI (Purn) Tono Suratman, S.IP; Gubernur DKI Jakarta atau yang mewakili; Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Dr. M. Fadil Imran, M.Si; Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, M.KM; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Dr. Achmad Firdaus, M.M; Konsultan PTNBH UNJ, Dr. Ir. Teguh Trianung Djoko Susanto, M.M; Kepala BPH Labschool Cirendeu, Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM; Para Rektor dari 12 LPTK dan Para Pimpinan Perguruan Tinggi lainnya atau yang mewakili; Pembawa Orasi Ilmiah, Prof. Mohamad Nasir, Ak., M.Si., Ph.D; Ketua dan Senat UNJ; Para Ketua Komisi dan Anggota Senat UNJ, serta Para Guru Besar; Para Wakil Rektor dan Ketua Lembaga; Para Dekan dan Direktur Pascasarjana serta jajarannya; Para Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala Satuan, dan Kepala UPT; Para Koordinator Program Studi; Ketua beserta pengurus Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Jakarta; Para Dosen dan Karyawan; Panitia Wisuda Virtual Tahun Akademik 2020/2021; dan Para wisudawan dan keluarga wisudawan.

Pada Wisuda Virtual UNJ Tahun Akademik 2020/2021 ini mengangkat tema “Strategi Percepatan Universitas Negeri Jakarta Menuju PTNBH”. Tema ini diangkat dalam rangka meneguhkan identitas UNJ dalam menghadapi lima tantangan besar, yaitu: pandemi COVID-19 dengan segala derivasinya; Revolusi Industri 4.0; Society 5.0; Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM); dan Global Competitiveness Index (GCI).

Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa untuk menjadi perguruan tinggi yang besar, terdepan, dan bereputasi tinggi, segenap civitas akademika UNJ harus mempunyai cita-cita dan pandangan yang jauh ke depan. UNJ harus mampu beradaptasi dan merespon lima tantangan tersebut, salah satunya melalui transformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Lebih lanjut Prof. Dr. Komarudin, M.Si menambahkan bahwa sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Ibukota dan memperoleh Akreditasi Unggul, UNJ memiliki potensi yang besar untuk menjadi PTNBH. Untuk mewujudkan harapan ini, dibutuhkan komitmen, sinergitas, dan strategi yang tepat, ungkap Prof. Dr. Komarudin, M.Si.

Sejalan dengan asa untuk menjadi PTNBH, UNJ dari hari ke hari semakin memantapkan diri dengan berbagai raihan prestasi yang ditorehkan. Seperti, pengukuhan 25 Guru Besar terbanyak secara nasional dan mendapatkan berbagai apresisasi dari masyarakat. Dari sisi kemahasiswaan, pada periode Januari-September Tahun 2021 prestasi mahasiswa UNJ sebanyak 401 Prestasi. Pada Pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 sampai dengan 15 Oktober 2021 ada sebanyak 78 Mahasiswa, 84 Alumni dan 23 Dosen UNJ yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Pada gelaran PON XX 2020 Papua ini, berdasarkan perhitungan medali secara perorangan, mahasiswa dan alumni UNJ telah menyumbangkan 49 Medali Emas, 31 Perak, dan 34 Perunggu, tutur Prof. Dr. Komarudin, M.Si.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Komarudin, M.Si menyampaikan pesan kepada para wisudawan bahwa tugas pendidikan sesungguhnya adalah membangun keteladanan-kebijaksanaan (Akhlaq). Hal ini harus diposisikan di atas IPTEKS, terlebih dalam menghadapi tantangan era disrupsi saat ini. Dengan kesarjanaan yang diraih dan dikukuhkan hari ini, semoga semakin menguatkan keluhuran akhlaq kita, terdepan dalam membela kaum yang lemah-membutuhkan, dan dapat berkontribusi untuk bangsa serta negara. Selanjutnya, semoga Allah SWT meridhoi niat dan langkah kita memajukan UNJ menuju kampus PTNBH yang bereputasi di Kawasan Asia, tutup Prof. Dr. Komarudin, M.Si.