Enter your keyword

(Bahasa) FMIPA UNJ Menuju Fakultas Bertaraf Internasional

(Bahasa) FMIPA UNJ Menuju Fakultas Bertaraf Internasional

(Bahasa) FMIPA UNJ Menuju Fakultas Bertaraf Internasional

Humas UNJ, Jakarta – Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Ibu kota Negara yang memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi yang bereputasi di Kawasan Asia. Usaha yang dilakukan oleh UNJ untuk menuju perguruan tinggi bertaraf internasional menjadi komitmen yang terus dilakukan oleh seluruh sivitas akademika UNJ.

Komitmen ini salah satunya dilakukan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNJ dengan membangun jejaring kerja sama dengan pelbagai perguruan tinggi kelas dunia, salah satunya dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Kerja sama antara FMIPA UNJ dengan UTM telah berlangsung dari tahun 2018.

Kolaborasi dimulai dengan menjalin kerja sama di mana Program Studi Biologi pada tahun 2018 menjalin Kerja sama dengan Institute of Bioproduct Development (IBD) yang merupakan sebuah centre of excellence dalam pengembangan natural products research and bioproduct development di bidang bioteknologi. Berikut beberapa kegiatan yang dilaksanakan bersama sepanjang tahun 2018-2021:
1. Kuliah Umum di lingkungan FMIPA UNJ yang diberikan oleh Prof. Dr. rer. nat. Hesham A. El Enshasy dengan tema Aplikasi Bioteknologi Dalam berbagai bidang kehidupan.
2. Workshop 3 Day Course On Bioprocess Platform Design For Industrial Products Of Probiotics (From Cell Bank To Bulk Powder) Kerja sama Antara FMIPA Dan IBD Pada Tanggal 12 September 2018 diselenggarakan di UTM dengan peserta dari UTM dan UNJ.
3. Professional Training Course for Isolation and Identification of Microbial Bio-factories for enzyme Production for Food and Feed Industry, 10-14 Desember 2018” diselenggarakan di Lab Mikrobiologi UNJ dengan peserta dari UTM dan UNJ.
4. Kolaborasi “7th International Conference on Biotechnology for the Wellness Industry” 27-28 November 2018 yang melibatkan dosen dan Mahasiswa S1 Kimia FMIPA UNJ.
5. Kolaborasi The 2nd Internasional Postgraduate Symposium in Biotecnology 2019 yang melibatkan 10 Mahasiswa S1 Kimia dan Biologi FMIPA UNJ sebagai pembicara.
6. Kolaborasi dilanjutkan dengan membuat LOC selama 1 tahun sejak Januari 2019 kemudian dilanjutkan dengan MOU pada tahun 2020.
7. Kolaborasi Science and Mathematics International Conference (SMIC) 2020.
8. Publikasi bersama terkait dengan bidang keahlian masing-masing peneliti baik dari pihak UTM maupun UNJ yang berfokus pada Bioscience dan Biotechnology.
9. Kolaborasi terus berkembang hingga terjalinnya MOU antara UNJ dan UTM dengan capaian 50 publikasi baik berupa Paper maupun books chapter sejak tahun 2018- sekarang.

Tepat pada hari ini 17 Januari 2022, kembali dilakukan kerjasama antara FMIPA UNJ dengan UTM dalam bentuk One Day Workshop dengan topik “Biohelth in Tropic: Herbal and Microbial Resources”. Adapun kegiatan ini selain bertujuan untuk peningkatan kerja sama internasional, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati tercapainya 50 publikasi pada jurnal/Proceeding terindeks Scopus/Bereputasi selama berkolaborasi selama 3 tahun (2018-2021).

Adapun pelaksanaanya dilakukan secara daring melalui ZOOM dan disiarkan melalui kanal YouTube FMIPA UNJ.

Dalam workshop ini dari UNJ dihadiri oleh, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor Bidang perencanaan dan kerja sama, Prof. Muktiningsih selaku Dekan FMIPA dan para dosen dari FMIPA UNJ. Sementara dari UTM dihadiri oleh, Prof. Datuk Ahmad Fauzi Bin Ismail, Prof. Dr. Rosli Md. Illias, Prof. Dr. rer.nat. Hesham Ali-Enshasy; Assoc. Prof. Ir. Dr. Roshanida. Bt. Rahman.

Dalam sambutannya Prof. Komarudin mengatakan bahwa ini merupakan kehormatan bagi saya untuk menyambut workshop ini, kerja sama antara Institute of Bioproduct Development (IDB) University Technology Malaysia dan FMIPA UNJ. Hal ini tentu sejalan dengan visi UNJ, yaitu menjadi universitas bereputasi di kawasan Asia.

Workshop yang terselenggara hari ini merupakan puncak kerja sama antara FMIPA UNJ dan UTM yang dalam pelaksanaannya selama 3 tahun sudah beberapa kegiatan terselenggara. Hasil tersebut terlihat dari terbitnya 50 publikasi jurnal.

Foto Suasana kegiatan pada FMIPA UNJ (Dok Humas UNJ)

Pencapaian tersebut membuat bangga kita semua, pencapaian tersebut sesungguhnya keberhasilan bersama atas program-program yang telah direncanakan sebelumnya, dan dapat ditiru ke depannya oleh fakultas lain.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada ketua program studi Biologi UNJ dan Dekan FMIPA yang telah membuat batu loncatan untuk melompat ke pencapaian lebih tinggi lainnya, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada UTM. Dan saya berharap kerja sama dan program hebat ini dapat terus dipertahankan.” Tutup Prof. Komarudin dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Datuk Ahmad Fauzi dari UTM menyampaikan bahwa acara one day workshop merupakan puncak acara dari berlangsungnya kerja sama yang telah terjalin selama 3 tahun antara UTM dan UNJ dan sebagai ajang refleksi atas banyaknya kegiatan yang telah UTM dan UNJ lakukan bersama.

Foto Prof. Muktiningsih selaku Dekan FMIPA UNJ ketika memberikan sambutan (Dok Humas UNJ)

Sejalan dengan itu, dalam sambutannya juga Prof. Muktiningsih menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih atas kontribusi selama ini bagi yang terlibat kerja sama antara UNJ dan UTM, dan semoga berkelanjutan ke depannya, kolaborasi internasional pada bidang penelitian dan publikasi. Selain itu juga diharapkan dapat mengembangkan kerja sama pada bidang pengabdian masyarakat, program double degree, serta pengembangan STEM Center di UNJ.

Kerja sama ini juga dapat meningkatkan mutu tridarma perguruan tinggi melalui pembinaan hubungan baik dengan UTM, dan kerja sama ini diharapkan dapat menjadi contoh oleh fakultas lain di lingkungan UNJ dalam upaya peningkatan kualitas UNJ yang sejalan dengan visinya menjadi universitas bereputasi di Kawasan Asia, ungkat Prof. Muktiningsih.

Acara dilanjutkan dengan sesi workshop. Pada workshop ini menghadirkan 10 pembicara, berikut untuk daftar pembicara: 1) Prof. Dr Muktiningsih Nurjadi, M. Si (UNJ) dengan judul "Development of Detection of Foodborne Pathogen with the Real-Time PCR Method in Increasing the independence of the Nation"; 2) Assoc. Prof. Dr Chua Lee Suan (IBD UTM) dengan Judul "Effect of Fermentation Time on Nutritional Quality of Black Garlic"; 3) Dr. Tri Handayani Kurniati, M.Si . (UNJ) dengan judul "Potency of Biosurfactant as Antibacterial Agent"; 4) Ts. Dr. Daniel Joe Dailin (IBD UTM) dengan judul "Microbial Exopolysaccharides : Resources, Production and Applications"; 5) Dr. Fera Kurniadewi, M. Si (UNJ) dengan judul "Secondary Metabolites From Some Indonesian Cryptocarya Species (Lauraceae) as Potential for Lead Compound Tumor”; 6) Dr. Zaidah Rahmat (IBD UTM) dengan judul "The Potential of Papaya Petiole for Health and Environment"; 7) Assoc. Prof. Dr Dayang Norulfairuz bt Abang Zaidel dengan judul "Pectin polysaccharides application as Food Ingredients"; 8) Dr Dalia Sukmawati MSi (UNJ) dengan judul "Yeast in Fermented Food and Their Probiotic Potential"; 9) Dr. Nur Izyan Wan Azelee (UTM IBD) dengan judul "Polysaccharides in Cosmetics"; 10) Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, M.Si., Apt (UNJ) dengan judul "Natural Products in Cosmetic".

Diharapkan dengan terbangunnya kerjasama antara FMIPA UNJ dengan UTM dapat meningkatkan program internasionalisasi sesuai dengan visi UNJ dan jejaring internasional lainnya yang dilakukan FMIPA UNJ dan fakultas lain di UNJ.