Enter your keyword

(Bahasa) 3007 Lulusan UNJ Ikuti Wisuda Semester 118 di SICC

(Bahasa) 3007 Lulusan UNJ Ikuti Wisuda Semester 118 di SICC

(Bahasa) 3007 Lulusan UNJ Ikuti Wisuda Semester 118 di SICC

Humas UNJ, Bogor – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan wisuda semester 118 tahun akademik 2022/2023 pada Rabu, 11 Oktober 2023 bertempat di Sentul International Conference Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

Turut hadir sebagai tamu pada acara wisuda ini, Dr. Wiranto selaku Ketua Dewan Penyantun UNJ dan Anggota Dewan Penyantun UNJ, Prof. Nizam selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek RI, Ketua dan Anggota Dewan Pengawas, Pj. Gubernur DKI Jakarta, Para Rektor dari 12 LPTK dan Para Pimpinan Perguruan Tinggi lainnya yang mewakili, Ketua dan Sekertaris Senat UNJ, Para Ketua Komisi, Anggota Senat dan Guru Besar, Para Wakil Rektor dan Ketua Lembaga, Para Dekan dan Direktur Pascasarjana, Para Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala Satuan dan Kepala UPT, Ketua IKA UNJ, Juri Ardiantoro, Ph.D dan para pengurus IKA UNJ.

Pada gelaran wisuda semester 118 tahun akademik 2022/2023, UNJ mewisuda 3007 lulusan yang berasal dari Program Diploma, Sarjana, Magister hingga Doktoral. Dengan rincian lulusan sebagai berikut:
1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), jumlah wisudawan sebanyak 481 wisudawan.
2. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), jumlah wisudawan sebanyak 349 wisudawan.
3. Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), jumlah wisudawan sebanyak 414 wisudawan.
4. Fakultas Ilmu Sosial (FIS), jumlah wisudawan sebanyak 437 wisudawan.
5. Fakultas Teknik (FT), jumlah wisudawan sebanyak 445 wisudawan.
6. Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), jumlah wisudawan sebanyak 199 wisudawan.
7. Fakultas Ekonomi (FE), jumlah wisudawan sebanyak 354 wisudawan.
8. Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi), jumlah wisudawan sebanyak 135 wisudawan.
9. Pascasarjana, jumlah wisudawan sebanyak 193 wisudawan.

Pada kesempatan ini, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam pidatonya menyampaikan topik tentang “Membangun Kemandirian Menuju World Class University”. Topik ini dicetuskan untuk menggugah kita semua bahwa untuk menjadi PTN terbaik tidak cukup dengan predikat unggul saja, tetapi juga harus diikuti dengan kemandirian universitas, terutama dalam upaya UNJ menuju World Class University.

 

Prof. Komarudin menambahkan bahwa pada awal kepemimpinannya (2019-2023), kemandirian universitas telah menghasilkan empat pencapaian. Pertama, otonomi universitas melalui status PTN-BH yang dalam waktu dekat status tersebut akan keluar dan langkah-langkah persiapan, saat transisi, hingga membangun kemandirian universitas telah disusun dengan seksama dan komprehensif. Kedua, sebanyak 9 jenis prestasi dan reputasi akademik dalam kurun waktu 2019-2023 capaian UNJ mengalami lompatan penting. Ketiga, pencapaian tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance); dan Keempat, pengembangan aset dan kelayakan finansial.

Pada akhir pidatonya, Prof. Komarudin berpesan, “Kunci kesuksesan bukan semata-mata ditentukan oleh kemampuan akademis, tetapi juga ditentukan oleh kedewasaan, kepemimpinan, dan moralitas diri sebagai seorang sarjana. Setinggi apapun pencapaian prestasi yang diraih tetaplah menjadi sosok yang tawadhu, santun, dan peduli utamanya kepada orangtua, keluarga, dan masyarakat sekitar. Jadilah suluh kehidupan dimanapun kalian berada.”