Enter your keyword

(Bahasa) Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI Jakarta Tahun 2019

(Bahasa) Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI Jakarta Tahun 2019

(Bahasa) Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI Jakarta Tahun 2019

Sorry, this entry is only available in Bahasa For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Humas UNJ (19/9/2019) – Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI Jakarta Tahun 2019 telah resmi dibuka pada Kamis, 19 September 2019 di GOR Souemantri Brojonegoro, Jakarta. Pembukaan POMNAS XVI turut dihadiri oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti, Prof. Ismunandar, Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Dr. Saefullah, Ketua Umum KONI pusat, Marciano Norman, serta Plt. Rektor UNJ, Prof. Intan Ahmad, selaku ketua panitia POMNAS XVI 2019.

Prof. Ismunandar dalam sambutannya mengatakan bahwa atlet mahasiswa yang akan bertanding dalam gelaran POMNAS XVI ini diyakini sebagai putra-putri bangsa yang kedepan akan mengharumkan nama bangsa melalui olahraga. “semoga dalam ajang dua tahunan yaitu POMNAS ini dapat memupuk kesadaran berbangsa dan mampu sebagai media penanaman pendidikan berkarakter lewat olahraga” harapnya. “Dengan mengucap bismillah Pekan Olahraga Nasional ke-16 di Jakarta secara resmi dibuka” kata Ismunandar.

Prof. Intan, selaku ketua panitia POMNAS XVI menyampaikan agar kegiatan ini dapat membentuk karakter dan semangat juang untuk meraih prestasi dengan sportivitas tinggi. “semoga juga mampu memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara dan media pananaman pendidikan berkarakter,” jelas Prof. Intan. Lebih lanjut beliau juga berharap kegiatan ini dapat menghasilkan atlet-atlet nasional yang mampu bersaing dan mengharumkan nama Indonesia di Internasional. POMNAS XVI Jakarta 2019 mengusung tema “Semangat, Sportif, dan Berprestasi”, sesuai dengan tujuan POMNAS, yaitu memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, dan persahabatan antar mahasiswa seluruh Indonesia, membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional, serta menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

POMNAS XVI Jakarta 2019 diikuti oleh 34 provinsi dan melibatkan kurang lebih 3.404 atlet dan 1.337 official. Para atlet akan bertanding di 19 cabang olahraga yang memperebutkan 713 medali. 18 venue atau lokasi pertandingan tersebar di seluruh Jakarta sudah disiapkan oleh panitia untuk menyambut para atlet kebanggan perguruan tinggi dan provinsi tersebut. Selain itu, POMNAS XVI Jakarta 2019 kali ini akan mempertandingkan empat cabang olahraga eksebisi, yaitu angkat besi, bola tangan, cricket dan e-sport. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang mengkoordinasikan panitia POMNAS kali ini menghadirkan 919 penari yang menampilkan tarian selamat datang dari berbagai provinsi. Jumlah 919 disesuaikan dengan tanggal pembukaan POMNAS, yaitu pada pukul 19.00 tanggal 19-9-2019 dan berasal dari UNJ, SMKN 57 Jakarta, SMAN 44 Jakarta, SMPN 52 Jakarta, Sanggar Sri Budaya, dan Sanggar Ratna. Acara dimulai dengan tarian selamat datang diiringi oleh orkestra dari UNJ yang memiliki 100 pemain musik dan paduan suara yang terdiri dari 60 vokalis. Mahasiswa dan mahasiswi UNJ yang tampil ini mayoritas tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kesenian di UNJ. Pertunjukkan laser, kembang api, serta artis ibukota, Kikan Namara, juga memeriahkan pembukaan POMNAS. Secara simbolis POMNAS XVI 2019 dibuka dengan menyalakan obor yang dibawa oleh Atlet Lari Gawang Indonesia, Dedeh Erawati, dan dinyalakan oleh Mantan Atlet Anggar Indonesia yang sekarang menjabat sebagai pengurus KONI Pusat, Eman Sumusi.