Enter your keyword

(Bahasa) Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91

(Bahasa) Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91

(Bahasa) Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91

Sorry, this entry is only available in Bahasa For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Humas UNJ (28/10/2019) – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 pukul 08:00 WIB di Lapangan UPT Perpustakaan Kampus A UNJ pada Senin, 28 Oktober 2019. Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si., menjadi pembina upacara, dan dihadiri oleh jajaran pimpinan, wakil rektor, dekan, dosen, mahasiswa, dan seluruh sivitas akademika UNJ.
Upacara Sumpah Pemuda ke-91 ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Mali, yang dibacakan pembina upacara menyampaikan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Di satu sisi dapat memungkinkan pemuda kita meningkatkan kapasitas pengetahuan, namun sisi lainnya dapat berdampak negatif. Informasi destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hinga radikalisme dari terorisme dapat masuk dengan mudah apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

“Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas” jelas Dr. Komarudin. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. Dalam upacara kali ini, Rektor UNJ juga memberikan penghargaan kepada 19 mahasiswa UNJ yang berprestasi pada periode Juni sampai Agustus 2019, baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Adapun prestasi yang didapatkan, antara lain: 5 mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga di ajang Korea Sports Games 2019, berhasil mendapatkan 1 Emas, 1 Perak, dan 3 Perunggu; selanjutnya 14 mahasiswa Fakultas Teknik di Kontes Mobil Hemat Energi 2019, berhasil mendapatkan Juara 1 Prototype Mobil Listrik, dan Juara 3 Prototype Mobil Gasoline.