Enter your keyword

(Bahasa) Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA-SAKTI) 2019

(Bahasa) Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA-SAKTI) 2019

(Bahasa) Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA-SAKTI) 2019

Sorry, this entry is only available in Bahasa For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Humas UNJ (13/8/2019) – Dalam menghadapi tantangan Pendidikan tinggi di era globalisasi, perguruan tinggi di Indonesia perlu terus mengembangkan dirim meningkatkan mutu Pendidikan dan memperkuat jejaring antar institusi Pendidikan. Kementrian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) RI dan MRPTNI melalui Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA-SAKTI) 2019 mengharapkan agar memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh tanah air untuk mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa dalam bidang akademik dan non akademik. Kegiatan dilakukan melalui perkuliahan yang relevan di perguruan tinggi lainnya di Indonesia, baik dalam akademik berupa pemerolehan angka kredit dan pengalihan kredit, maupun kegiatan ekstrakurikuler, termasuk didalamnya kegiatan pemahaman lintas budaya selama memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
Tujuan PERMATA-SAKTI 2019 antara lain; Meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya; Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa yang memiliki karakter Pancasila agar siap bergaul secara kooperatif dan kompetitif dengan bangsa-bangsa lain di dunia demi martabat bangsa melalui pembelajaran terpad; Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain melalui transfer kredit dan perolehan kredit; Meningkatkan mutu Pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif masing-masing perguruan tinggi; dan Menerapkan pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan mutu dan akses mahasiswa.
Program ini sudah sejak tahun 2014 dilaksanakan. Tahun 2019 UNJ akan berpartisipasi dengan mengirimkan 12 orang ke 6 (enam) perguruan tinggi mitra UNJ, diantaranya Universitas Negeri Medan (Unimed) 2 orang, Universitas Negeri Padang (UNP) 2 orang, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2 otang, Universitas Negeri Manado (Unima) 2 orang, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali 2 orang, dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) 2 orang.
Persyaratan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti program tersebut antara lain:
  • Mahasiswa S1 minimal semester 5 (dibuktikan dengan Surat aktif kuliah dari Dekan dan print out portofolio)
  • Memiliki IPK minimal 3.0 (dibuktikan dengan fotocopy transkrip nilai)
  • Tidak pernah mendapat sanksi akademik
  • Surat izin orang tua/wali di atas materai Rp 6.000,-
  • Mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran
  • Melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Rumah Sakit
  • Memiliki asuransi/BPJS Kesehatan (dibuktikan dengan fotocopy Kartu Asuransi/BPJS
Kegiatan akan dilaksanakann dengan Kuliah tatap muka selama 3 bulan (termasuk UTS) di PT tujuan dan dilanjutkan kuliah daring (online). Jumlah SKS yang dapat diambil antara 6-18 SKS. Selanjutnya  UNJ menyediakan bantuan biaya hidup, tiket PP (at cost standar ekonomi), serta bantuan akomodasi. Program studi di UNJ melakukan komunikasi dan kesepakatan dengan  program studi di PT tujuan yang telah ditentukan. Waktu pelaksanaan program PERMATA-SAKTI 2019 berlangsung selama satu semester, dalam Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020. Batas waktu pendaftaran diperpanjang hingga 16 Agustus 2019. Untuk pendaftaran dan informasi teknis dapat menghubungi Sekretariat Kantor Wakil Rektor IV UNJ: Telp 021-4896977, 4893982; E-mail: pr4@unj.ac.id.