Enter your keyword

(Bahasa) Program Darmasiswa UNJ Tahun Ajaran 2019/2020 Kembali Diadakan

(Bahasa) Program Darmasiswa UNJ Tahun Ajaran 2019/2020 Kembali Diadakan

(Bahasa) Program Darmasiswa UNJ Tahun Ajaran 2019/2020 Kembali Diadakan

Sorry, this entry is only available in Bahasa For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Humas UNJ (11/9/2019)- Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah menerima Peserta Program Darmasiswa, acara tersebut telah digelar dengan diawali perkenalan antara mahasiswa asing dan para dosen untuk program Darmasiswa UNJ pada Senin, 9 September 2019, di Kafein Gd, L Fakultas Ekonomi Kampus A UNJ. Acara ini dihadiri oleh  Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Kepala UPT Pelayanan Bahasa, Ibu Widya Parimita, S.E., M.P.A., para pengajar, peserta Darmasiswa, dan staf UPT Pelayanan Bahasa.

Program Darmasiswa merupakan program belajar bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) bekerja sama dengan Badan Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini telah dibuka di UNJ sejak 2006. Setiap tahunnya, penjaringan peserta Darmasiswa dilakukan melalui BPKLN. Pada tahun ajaran 2019/2020, UNJ menerima 9 peserta Darmasiswa yang berasal dari 8 negara, yakni Berjita Desiana Bernadino Da Costa (Timor Leste), Darya Yurkova (Belarus), Jean Pauline Maur (Filipina), Laddaphone Bousaty (Laos), Lee Dongseok (Korea Selatan), Maxim Ruchkin (Rusia), Muhammad Sufyan (Pakistan), Song Ji Su (Korea Selatan), dan Willy Numann (Jerman). Serah terima peserta darmasiswa dari BPKLN ke UNJ telah dilakukan pada 30 Agustus 2019 dalam acara Pembekalan Kedatangan Peserta Darmasiswa di Hotel Grand Sahid Jakarta.

Program Pembelajaran Darmasiswa UNJ tahun ajaran 2019/2020 akan dimulai pada 16 September 2019. Adapun program kelas Darmasiswa terdiri atas tiga tahap yang setiap tahapnya setara satu level atau minimal 100 – 150 jam. Selain kelas keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) serta tata bahasa, program ini juga dilengkapi dengan kelas sastra dan seni budaya. Pada tahun ini, kelas seni budaya yang disediakan adalah kelas seni drama tari dan musik (sendratasik). Sesuai dengan Permendikbud No. 27 Tahun 2017 yang mengadopsi dan mengadaptasi CEFR dengan standardisasi tes UKBI, kurikulum program ini menggunakan standar kompetensi lulusan (SKL) BIPA. Pelevelan yang digunakan dalam program Darmasiswa UNJ menggunakan level A1, A2, B1, B2, C1, dan C2 atau dikonversikan dengan BIPA 1, BIPA2, BIPA 3, BIPA 4, BIPA 5, BIPA 6, dan BIPA 7, dengan C1 dikonversikan menjadi BIPA 5 dan BIPA 6. Selain untuk menyambut secara resmi kedatangan peserta Darmasiswa, kegiatan ini juga dibuat untuk memberikan orientasi budaya kepada para peserta Darmasiswa serta melakukan tour kampus dengan mengelilingi kampus A UNJ sebelum acara perkuliahan dimulai pekan depan.