Enter your keyword

[:in]Menuju Universitas Kelas Dunia, Pascasarjana UNJ Hadirkan Akademisi EduHK Pada Kegiatan Visiting Professor[:]

[:in]Menuju Universitas Kelas Dunia, Pascasarjana UNJ Hadirkan Akademisi EduHK Pada Kegiatan Visiting Professor[:]

[:in]Menuju Universitas Kelas Dunia, Pascasarjana UNJ Hadirkan Akademisi EduHK Pada Kegiatan Visiting Professor[:]

Humas UNJ, Jakarta-Dalam mewujudkan visi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi universitas kelas dunia, dan menghasilkan riset unggul serta lulusan yang berkualitas. Pascasarjana UNJ senantiasa berperan aktif dengan meningkatkan kualitas dan pelayanan akademik.  Salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatan mutu pendidikan di lingkungan Pascasarjana UNJ adalah dengan mengundang profesor dari beberapa universitas luar negeri untuk berbagai kegiatan akademis yang melibatkan mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk visiting professor yang dilaksanakan dari 27—28 Maret 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hibrid, baik daring melalui Zoom dan luring yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 5 Gedung Bung Hatta Pascasarjana UNJ dihadiri oleh Prof. Suyono selaku Wakil Rektor UNJ Bidang Akademik, Dr. Abdul Sukur selaku Wakil Rektor UNJ Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor UNJ Bidang Perencanaan dan Kerja sama, Prof. Dedi Purwana selaku Direktur Pascasarjana UNJ, para wakil direktur, dosen dan mahasiswa dilingkungan Pascasarjana UNJ, serta sivitas akademika dari berbagai kampus di Indonesia yang hadir melalui daring.

foto dari kiri layar Prof. TRENT John ,Prof. KONG Siu Cheun , Prof. LO Sing Kai.

Pada kesempatan kali ini, Pascasarjana UNJ mengundang akademisi dari The Education University of Hong Kong (EduHK), yaitu Prof. Lo Sing Kai selaku Director of Graduate School, Prof. Kong Siu Cheung selaku Director, Centre for Learning, Teaching and Technology, dan Prof. Trent John selaku Associate Dean (Graduate School).

Kegiatan Visiting Professor yang diselenggarakan oleh Pascasarjana UNJ merupakan salah satu bentuk rangkaian Dies Natalis ke-59 UNJ yang dimana tahun ini Pascasarjana UNJ menjadi panitia pelaksananya. Selain kegiatan Visiting Professor, pada kesempatan ini juga UNJ menjalin Kerja sama dengan EduHK dalam bidang riset, pendidikan, dan program beasiswa bagi sivitas akademika UNJ yang akan melanjutkan studi dijenjang doktoral (S3) di EduHK.

Prof. Lo Sing Kai dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya senang dapat hadir di UNJ untuk berdiskusi mengenai pembelajaran dan juga kerja sama. Sebagaimana diketahui, tahun ini ada 500 aplikasi program beasiswa PhD. Untuk peringkat EduHK sendiri berada pada peringkat ke 3 di ASIA dan ke-17 pada peringkat dunia dalam bidang pendidikan.

Foto suasana luring ketika acara berlangsung

Pada kesempatan ini juga Prof. Lo Sing Kai menyampaikan materi mengenai “Publishing in International Journals while Conceptualizing the Research”, dalam paparan materinya ia mengatakan bahwa setiap universitas wajib melakukan penelitian, baik yang bersifat kebijakan maupun untuk kepentingan pengembangan pendidikan. Hasil penelitian ini kemudian diseminasi dalam bentuk konferensi maupun publikasi. Saat ini publikasi internasional khususnya yang ter indeks Scopus sangat penting bagi reputasi seorang akademisi maupun universitas. Untuk itulah penting publikasi internasional, dan saya yakin UNJ dapat dan banyak menghasilkan publikasi yang bereputasi ini, ucap Prof. Lo Sing Kai.

Sementara itu Prof. Dedi Purwana selaku Direktur Pascasarjana UNJ mengungkapkan bahwa UNJ sangat senang dapat mengundang para profesor dari The Education University of Hong Kong dalam kegiatan visiting professor. Pada kegiatan ini kita menghadirkan para akademisi yang ahli dalam bidang penelitian dan pendidikan, khususnya teknologi pendidikan. Kita ketahui bahwa di UNJ memiliki program studi teknologi pendidikan, hal ini tentu sangat relevan pada kegiatan hari ini dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada. Selain itu juga semoga ini dapat menjadi kerja sama yang berkelanjutan dalam rangka mencapai visi UNJ untuk menjadi universitas berkelas dunia, ungkap Prof. Dedi Purwana.

Pada kesempatan acara ini, Rektor UNJ yang diwakili oleh Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor UNJ Bidang Perencanaan dan Kerja sama mengatakan bahwa pimpinan UNJ mengucapkan terima kasih atas kesediaan para narasumber dari The Education University of Hong Kong yang sudah mau berbagi ilmu pengetahuannya dalam bidang riset maupun publikasi dan kerja sama dalam bidang pendidikan, dalam hal ini kerja sama beasiswa studi di EduHK. UNJ sendiri saat ini terus meningkatkan berbagai kerja sama dengan universitas luar negeri untuk mencapai visi UNJ menjadi kampus yang bereputasi dan berkelas dunia, ungkap Dr. Totok Bintoro.