Enter your keyword

[:in]LP3 UNJ Bekali Tendik Untuk Peningkatan Komunikasi Publik dan Pelayanan Prima. [:]

[:in]LP3 UNJ Bekali Tendik Untuk Peningkatan Komunikasi Publik dan Pelayanan Prima. [:]

[:in]LP3 UNJ Bekali Tendik Untuk Peningkatan Komunikasi Publik dan Pelayanan Prima. [:]

Humas UNJ, Jakarta- Bertempat di Aula Bung Hatta, Gedung Bung Hatta lantai 2 Kampus A UNJ, berlangsung pelatihan komunikasi dan pelayanan prima bagi tenaga kependidikan (Tendik). Acara yang diinisiasi oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melalui Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi.

Acara yang digelar selama dua hari dari tanggal 17—18 Maret 2022, diadakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pelatihan tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si, CICS, CPR dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNJ dengan Adhe Riatin, CMT, CPS, CNLP dari Public Speaking Academy.

Sementara dari UNJ dihadiri oleh, Dr. Agus Dudung selaku Wakil Rektor II, Dr. Muhammad Zid selaku Ketua LP3, Prof. Budiaman selaku Sekretaris LP3, Dr. Nofi Marlina selaku Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi. Para Wakil dekan dan direktur, serta para Koordinator Pusat di lingkungan LP3 UNJ.

Dr. Nofi Marlina Siregar membuka laporannya dengan yel-yel semangat, ia mengatakan “jumlah total peserta yang mengikuti pelatihan ini ada 37 peserta dari 37 unit yang ada di lingkungan UNJ,” ucap Dr. Nofi Marlina.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi kemampuan komunikasi dan pelayanan untuk para tendik, agar dapat memberikan pelayanan yang efektif dan prima dalam melayani. Pelayanan merupakan suatu tonggak yang utama bagi UNJ, suatu hal yang utama karena akan dikenang semua orang yang pernah berinteraksi.

Foto suasana pelatihan bagi tendik (Dok Humas UNJ)

“Dengan komunikasi dan pelayanan yang efektif dan prima menjadi identitas bahwa UNJ layak dikatakan unggul dari segi akademik maupun dalam mengakomodasi dan melayani para mahasiswanya.” Tutup Dr. Nofi Marlina dalam laporannya.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Muhammad Zid mengatakan Pelayanan prima merupakan kata kunci, dan tendik merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan pelayanan akademik dengan mahasiswa.

“kita perlakukan mahasiswa dengan pelayanan secara profesional dan terbaik yang bisa kita berikan, tentu juga dengan sisi humanis, karena mahasiswa merupakan mercusuar dan sumber promosi yang paling efektif. Begitu mereka jadi alumni tentu mereka memberikan kesannya tentang almamater tercinta.” Ucap Dr. Muhammad Zid.

Acara dibuka oleh Dr. Agus Dudung, dalam sambutannya mengatakan pelayanan prima sangat penting, ada 3 contoh yang bisa diterapkan mulai dari perilaku, perhatian dan terakhir tindakan yang harus benar-benar profesional agar mereka yang kita layani merasa puas dan nyaman ditambah juga dapat memberikan kesan yang baik untuk kita.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi oleh narasumber, Dr. Kinkin akan menyampaikan materi tentang Komunikasi dalam Pelayanan Prima yang dimoderatori oleh Dr. Eva Julianti sedangkan Adhe Riatin, CMT, CPS, CNLP akan menyampaikan empat materi, 1) Materi Public Speaking; 2) Praktek komunikasi efektif dalam membina hubungan; 3) Mengenal Gaya Komunikasi; 4) Mengenal tombol penggerak orang.