UKM UNJ

Unit Kesenian Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan yang bergerak  dalam bidang kesenian. Keberadaannya ditujukan sebagai fasilitator dan akomodator bagi para mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang berminat dalam meningkatkan apresiasi seni dan mengembangkan bakat dan keseniannya.

UKM UNJ didirikan pada 24 April 1982 dan hingga kini telah banyak kontribusi diberikan dan prestasi yang diraih. Oleh ketua pertamanya La Ode Pria Pri Satria, UKM di dalamnya memiliki 11 sub unit kegiatan kesenian. Namun saat ini dirampingkan menjadi 5 sub unit kegiatan seni, yaitu : sub-unit Band, sub-unit Seni Suara, sub-unit Sastra dan Drama (Sasdram), sub-unit Sanggar Seni Rupa Rawamangun (S2R2), dan sub-unit Tari. Setiap sub-unit tersebut telah memiliki kurikulum latihan, program pembinaan, dan sistem monitoring yang dilakukan secara berkala.

UKM menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak dalam setiap penyelenggaraan acara. Kerja sama yang telah dijalin, antara lain dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dalam mengisi acara paduan suaranya, 1986; pementasan dan seminar Lenong dengan Pusat Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA), 1989: workshop teater dan tari; festifal paduan suara tingkat mahasiswa se-Jadebotabek, kerjasama dengan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, 2002; dan sebagainya.

Dengan pengalaman yang cukup banyak ini, UKM UNJ dapat dijadikan mitra kerja yang andal daam setiap penyelenggaraan aktivitas seni dan budaya.

Visi

“Meraih prestasi dengan meningkatkan kualitas sumber daya anggota serta memaksimalkan fungsi UKM UNJ sebagai wadah organisasi dan kesenian”.

 Misi

  1. Menumbuhkan mental kompetitif, inovatif, kritis dan kepemimpinan dalam berorganisasi dan berkesenian.
  2. Membuat sistem pembinaan yang efektif dan kondusif.
  3. Meningkatkan fasilitas pembinaan.
  4. Memberikan ruang bagi masyarakat UNJ untuk ikut aktif berkesenian.
  5. Mengikuti kegiatan-kegiatan kesenian dan lomba di lingkup intern dan ekstern UKM UNJ.

 Program Kerja

  1. Rapat Kerja
  2. Pendataan Ulang Buku Anggota
  3. Diklatdas
  4. HUT UKM UNJ ke-33
  5. Festival Seni (Piala Rektorat)
  6. Pementasan Teater Modern
  7. Penerimaan Anggota Baru ke-34
  8. Pameran Sanggar Seni Rupa Rawamangun (S2R2)
  9. Welcoming Camping
  10. Rapat Tahunan Anggota UKM UNJ Periode 2014-2015

Sub Unit Band

Subunit Band adalah salah satu dari lima subunit yang ada di UKM UNJ. Sesuai dengan namanya, Subunit Band bergerak di bidang musik khususnya band. Sejak berdirinya, Subunit Band memiliki empat mayor pendukung terbentuknya sebuah band, yaitu instrumen gitar, drum, bass dan keyboard. Selain itu Subunit Band juga mempelajari musik-musik tradisional Indonesia dengan tujuan memperluas wawasan anggota Subunit Band untuk lebih memperkaya musik yang ada di Subunit Band UKM UNJ.

Tujuan dari berdirinya Subunit Band di UKM UNJ adalah untuk memberi wadah berkarya kepada mahasiswa UNJ yang berminat di bidang seni musik khususnya band agar dapat menuangkan karyanya dan berproses secara bebas diluar kegiatan kuliahnya sebagai mahasiswa. Sejak berdirinya Subunit Band, Subunit Band telah banyak meraih prestasi baik diluar maupun didalam kampus. Prestasi terbaru yang berhasil diraih oleh Subunit Band adalah menjadi juara I Lomba Ensambel Musik dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara yang ke 66 tahun 2012 dan menjadi juara III Lomba Festival Band Music Corner yang diadakan oleh Jurusan Seni Musik UNJ 2012.

Sub Unit Seni Suara

Kekompakan dalam melakukan tarik suara, tak bisa didapatkan secara spontan. Lewat pembinaan yang dilakukan oleh sub-unit Seni Suara-lah Tim Paduan Suara UKM UNJ kerap meraih prestasi sejak awal berdirinya UKM UNJ.

Dalam bentuk latihan solo vokal, grup vokal dan paduan suara yang dilakukan tiap minggunya, muncul para vokalis solo maupun tim paduan suara yang sering tampil di kampus UNJ dan kampus-kampus lain.

Di samping itu, Tim Paduan Suara UKM UNJ kerap mendapat kesempatan untuk mengisi acara di instansi-instansi lain, di luar kampus UNJ (mitra UKM UNJ).

Sub Unit S2R2

Subunit S2R2 singkatan dari Sanggar Seni Rupa Rawamangun. Dari kelima subunit yang ada di UKM UNJ sekarang ini, hanya subunti S2R2 yang tidak pernah mengalami perubahan nama sejak terbentuknya UKM UNJ. S2R2 memberikan fasilitas dan wadah bagi mahasiswa UNJ yang memiliki ketertarikan pada bidang Seni Rupa. Tidak hanya mempelajarai karya-karya 2 dimensi seperti lukisan, gambar, tapi juga karya-karya 3 dimensi seperti patung, aksesoris, dan lain-lain. Selain itu juga mempelajari cara mengoperasikan multimedia photoshop dan coreldraw yang nantinya diharapkan mampu untuk membantu membuat desain banner, pamflet, nametag, dan plakat dalam kepanitiaan di UKM UNJ.

S2R2 memiliki prestasi yang membanggakan. Prestasi yang baru diraih pada tahun 2011 adalah Juara I untuk Lomba Lukis Kelom Tasik di Universitas Tarumanegara, dan pada tahun 2012  Juara I untuk Mural Art Competition. Agenda tahunan yang biasanya diadakan oleh subunit S2R2 adalah PAMERAN. Pameran yang terakhir diadakan bertemakan “Perempuan Dalam Berita” yang dilaksanakan pada bulan Desember 2011. Tahun 2013 ini juga akan diadakan Pameran pada bulan yang sama bertepatan dengan Natal dan Tahun Baru.

Sub Unit Sastra Drama

Urusan berbagai kegiatan teater, baik yang tradisional maupun modern, penulisan dan pembacaan puisi, penulisan cerpen serta aktivitas lain di tangan sub-unit Sastra dan Drama (Sasdram).

Pengaplikasian kegiatan-kegiatan berupa pengkaryaan dalam bidang sastra seperti cerpen, puisi, naskah drama dan sebagainya. Kelompok teater Subunit Sastra Drama lebih dikenal sebagai Teater Castra Mardika. Subunit ini juga memiliki kelompok musikalisasi puisi dan sering juga mengirimkan anggotanya menjadi human banner atau body painting dalam berbagai acara baik di dalam maupun di luar kampus.

Prestasi terbaru adalah juara satu tangkai lomba monolog Pekan Seni Mahasiswa Daerah dan mewakili DKI dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional di Lombok tahun 2012. Juara harapan II Festival Teater Jakarta Timur dan meraih beberapa nominasi seperti nominasi sutradara terbaik, nominasi penata musik terbaik dan nominasi aktris pembantu terbaik. Prestasi juga muncul ditahun yang sama (2011) dari kelompok musikalisasi puisi (Abrams) yang mendapat juara III dalam lomba musikalisasi puisi sejabodetabek yang diselenggarakan oleh Universitas Assyafiiyah.

 Sub Unit Tari

 Tidak hanya anggota perempuan yang mahir menarikan berbagai tarian tradisional, modern maupun yang kontemporer, tetapi para anggota laki-laki pun dapat tampil dengan Tim Pom-pom Boys yang sering menyemarakkan berbagai even pertandingan olahraga di Jakarta. Hal itu menunjukkan bahawa sub-unit Tari UKM UNJ tidak memilah unsur gender dalam pembinaan seni tarinya.

Sub-unit Tari tetap konsisten dengan pembinaan yang dilakukan tiap minggunya. Di samping sering tampil dalam mengekspresikan gerakan indahnya. Juga tak ketinggalan dengan menyelenggarakan workshop seni tari dan melakukan studi perbandingan pada beberapa padepokan tari di seluruh Nusantara.

Dari pembinaan di bidang kesenian yang dilakukan UKM UNJ terhadap anggotanya, memunculkan para peseni yang kompetensi dan eksistensinya diakui kalangan luas. Hal itu tiada lain dalam berpartisipasi menyukseskan program keseniannya.

UKM UNJ dapat bekerja sama dalam beberapa bidang yang meliputi:

  1. Paduan suara : Menguasai berbagai macam jenis lagu, mulai dari lagu nasional, daerah, populer, sampai beberapa lagu mancanegara.
  2. Band : Memiliki musisi yang sarat dalam penguasaan instrumen dari ebrbagai jenis lagu. Juga memiliki peralatan band sendiri.
  3. Kelompok Tari : Menguasai berbagai jenis tarian, dari tarian tradisional hingga yang kontemporer. Pom-pom Boys adalah salah satu diantaranya.
  4. Kreatif seni rupa : Para perupa yang piawai dalam pembuatan karya seni rupa, seperti : lukisan, baliho, spanduk, backdrop, janur, dan sebagainya.
  5. Pekerja Teater : Memiliki aktor dan aktris teater dengan wawasan teatrikal yang memadai.

Prestasi

 Prestasi yang pernah diraih UKM baik tingkat perguruan tinggi, nasional, maupun regional di antaranya adalah :

  1. Juara I Lomba Vocal Group Lagu-lagu Betawi Antarperguruan Tinggi se-DKI.
  2. Juara I Lomba Tari Betawi Antarperguruan Tinggi, 1990.
  3. Peraih Piala Tetap Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Juara 1 Lomba Vocal Group Lagu-lagu Rakyat Antar perguruan Tinggi, 1991.
  4. First Winner Indonesia-Australia Group Musik Indonesia oleh Kedubes Australia, Jakarta, 1990.
  5. Juara III Festival Tari Jawa Tingkat Mahasiswa PSTK-ITB Bandung, 1991.
  6. Juara I Keroncong Antarperguruan Tinggi, Nasional 1994.
  7. Juara III Lomba Paduan Suara Mahasiswa, ITB, 1995.
  8. Juara I Lomba lawak Bergengsi HUT DKI ke-469, 1996.
  9. Juara II Lomba Lenong Remaja, DKI Jakarta, 1997.
  10. Juara II Lomba Humor Ala Mahasiswa, RCTI, 1998.
  11. Juara I Lomba Humor Lembaga Homur Indonesia, 2000.
  12. Juara II Lomba Pop Singer Antarperguruan Tinggi se-DKI Jakarta, Dinas Kebudayaan DKI, 2000.
  13. Juara II Festifal Teater se-Jadebotabek, Komunitas Teater Taman Asri Perbanas, 2004.
  14. Juara I Lomba Karaoke antar mahasiswa Se-Jadebotabek, 2005.
  15. Peraih aktor terbaik dalam Festival Teater Jakarta 2007 se-Jakarta Timur
  16. Pisotape Band berhasil meraih juara 3 dalam festival Music Corner yang diadakan oleh Jurusan Seni Musik pada Maret 2011.
  17. Raymond Yesaya Patti berhasil meraih Juara 2 dalam Sayembara Baca Puisi Universitas Nasional 2011 pada Oktober 2011.
  18. Setyowati Wulandari berhasil meraih juara 1 Lomba Lukis Kelom tasik di Universitas Tarumanagara pada November 2011.
  19. Wita Septiani Rahmaputri berhasil meraih juara 3 Lomba Modelling di Universitas Tarumanagara November 2011.
  20. Musikalisasi Puisi berhasil meraih juara 3 di Universitas Assafiyah pada 27 Maret 2012.
  21. Alexander Dyanagung berhasil meraih juara 3 “The Best Guitarist 2012” dalam Music Corner 2012 pada 29 Maret 2012.
  22. Irfan Hakim, Yulia Kasih dan Luthfia Harianti berhasil meraih juara 2 dalam Indonesia Tebar Pesona di Universitas Indonesia pada 25 April 2012.
  23. Yulia Rahayu berhasil meraih juara 1 dalam PEKSIMIDA Lomba Monolog wilayah DKI Jakarta di IKJ pada 24 Mei 2012.
  24. Subunit S2R2 UKM UNJ berhasil meraih juara 1 dalam STAN ART Festival (Mural) di STAN pada 26 Mei 2012.
  25. Carlos berhasil meraih juara 1 dalam PEKSIMIDA Lomba Nyanyi Keroncong wilayah DKI Jakarta di Universitas Tarumanegara.
  26. Grup ensemble music “Pisotape”Subunit Band UKM UNJ berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Ensembel Musik untuk Memperingati HUT Bhayangkara ke-66 pada 16 Juni 2012.
  27. Subunit Sasdram berhasil meraih juara harapan 2 dalam FTJ Administrasi Timur pada 20 Oktober 2012.
  28. Irfan Hakim berhasil meraih juara 1 dalam Sayembara Pembacaan Puisi yang diadakan oleh Universitas Nasional pada 30 Oktober 2012.
  29. Irfan Hakim berhasil meraih juara 1 dan juara umum Lomba Baca Puisi dalam Festival Seni UNJ 2013 pada rabu-jumat, 22-24 Mei 2013.
  30. Isra Sasmita berhasil meraih juara 1 dan juara umum Lomba Monolog dalam Festival Seni UNJ 2013 pada rabu-jumat, 22-24 Mei 2013.
  31. Subunit Tari berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Modern Dance dalam Precisely yang diadakan oleh La Tulipe pada 6 September 2013.
  32. Irfan Hakim berhasil meraih prestasi sebagai Pemeran PriaTerbaik dalam Festival Teater Jakarta pada 30 September – 5 Oktober 2013.
  33. Subunit Sastra Drama berhasil meraih juara 1 dan juara umum Lomba Lenong yang diadakan oleh Teater Oplet Robet pada 25 dan 17 Oktober 2013.
  34. Harry Akbar Taher berhasil meraih prestasi sebagai Sutradara Terbaik Lomba Lenong yang diadakan oleh Teater Oplet Robet pada 25 dan 17 Oktober 2013.
  35. Imaduddin Muzakki berhasil meraih prestasi sebagai Aktor Terbaik Lomba Lenong yang diadakan oleh Teater Oplet Robet pada 25 dan 17 Oktober 2013.
  36. Subunit Tari berhasil meraih Juara 2 kategori Team yang beranggotakan Devityas Argika Putri, Gia Raesita Noor, dan Bianda Assyifa dalam lomba Modern Dance yang diadakan oleh Afford Cup di Blok M Plaza pada 22 Maret 2014.
  37. Rusiana Tigara berhasil meraih juara 3 Solo Dance dalam lomba Modern Dance yang diadakan oleh Afford Cup di Blok M Plaza pada 22 Maret 2014.
  38. Ririn Safarina berhasil meraih Juara Umum dalam Lomba Pop Sunda yang bertempat di Bogor pada tanggal 20 April 2014.
  39. Dina Aprilian berhasil meraih Juara 1 Lomba Baca Puisi dalam Lomba Baca Puisi dan Monolog 70th Putu Wijaya pada tanggal 1-4 April 2014.
  40. Irfan Hakim berhasil meraih Juara 2 Lomba Baca Puisi dalam Lomba Baca Puisi dan Monolog 70th Putu Wijaya pada tanggal 1-4 April 2014.
  41. Afifah Bahresy berhasil meraih Juara 2 Lomba Modern Dance pada acara Afford Cup di Blok M Plaza pada tanggal 20 April 2014.
  42. Isra Sasmita berhasil meraih Juara 1 Lomba Monolog dalam PEKSIMIDA bertempat di Kampus JABODETABEK pada tanggal 22-24 Juni 2014.
  43. Irfan Hakim meraih Juara 1 Lomba Baca Puisi dalam PEKSIMIDA bertempat di Kampus JABODETABEK pada tanggal 22-24 Juni 2014.
  44. Harry Akbar Taher Juara 3 Lomba Penulisan dalam PEKSIMIDA bertempat di Kampus JABODETABEK pada tanggal 22-24 Juni 2014.
  45. Irfan Hakim Juara 1 Lomba Baca Puisi dalam PEKSIMINAS bertempat di Palangkaraya Kalimantan pada tanggal 9-13 Oktober 2014.

 Struktur Organisasi Periode 2016

KETUA UMUM

Hary Akbar Taher

SEKRETARIS UMUM

Bianda Fiarty Assyifanya

 BENDAHARA UMUM

Shindy Nurjannah

 KETUA BIDANG I

Aditya Saputra

 KETUA BIDANG II

Mukhtar Fauzi

 KETUA BIDANG III

Dina Apriliani

 KETUA BIDANG IV

Iqbal Alan Abdurahman

KETUA BIDANG SUB UNIT BAND

Rizab Fahriyan

KETUA SUB UNIT S2R2

Fauzi Ubaidillah

KETUA SUB UNIT SASTRA DRAMA

Eka Adhitya K

KETUA SUB UNIT SENI SUARA

  1. Barly Putra Armandita

Informasi lebih lanjut  :

Saat ini UKM bersekretariatan di Gedung G Lantai 2, Kampus A.Telp : (021) 4786 7889

e-mail          : ukm-unj@hotmail.com

Instagram   : https://www.instagram.com/ukm_unj/