Enter your keyword

KSR UNJ : Give Blood and Be Hero for Humanity

KSR UNJ : Give Blood and Be Hero for Humanity

KSR UNJ : Give Blood and Be Hero for Humanity

Humas UNJ (01/04/2021) setelah tahun 2020 acara donor darah vakum, kini Korps Sukarela (KSR) Universitas Negeri Jakarta bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI DKI Jakarta dan juga media partner yang ada di UNJ dalam mengadakan kembali donor darah 1 pada hari Kamis, 1 April 2021, donor darah kali ini bertemakan “Give Blood and Be Hero for Humanity”

Sudah menjadi tradisi donor darah di UNJ biasanya diadakan 4 kali dalam setahun, tapi tahun ini karena suasana masih begini hanya diadakan 2 kali dalam setahun, untuk rencana donor darah 2 kedua akan diadakan 14 juni 2021 untuk tempatya berada didaerah Sudirman dan bekerja sama dengan yayasan kanker anak Indonesia

Acara donor darah 1 dimulai dari Pukul 08.00 sampai dengan 13.00 Wib bertempat di Aula Latief Gedung Dewi Sartika Lantai 2. Acara ini didampingi Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si selaku wakil rektor III bidang kemahasiswaa dan Dosen Pembimbing. sasaran kegiatan ini ialah civitas akademika yang berada di UNJ dan masyarakat umum dengan minimal target peserta sebanyak 75 orang calon pendonor dan 50 kantong darah.Untuk persyaratan bagi calon pendonor darah diantaranya:
1. Sehat
2. Berat badan minimal 45 kg
3. Tidak memiliki Riwayat kontak dengan orang yang terdiagnosis covid dalam 14 hari terakhir
4. Tidur minimal 5 jam
5. Tidak sedang mengkonsumsi obat minimal H-5 donor
6. Usia 17 - 65 tahun
7. Tidak sedang menstruasi
8. Tidak memiliki Riwayat penyakit menular melalui darah
9. Interval donor 60 Hari.

Noorlia dalam wawancarana mengatakan untuk donor kali ini sengaja target diturunkan karena mungkin orang-orang takut di masa pandemi ini, tapi kita mendapatkan respon positif sampai saat ini sudah ada 100 lebih calon pendonor, Alhamdulillah melebihi target dari yang kita tetapkan.

Noorlia juga mengajak masyarakat untuk donor darah terutama yang takut akan jarum suntiknya, dengan cara meyakinkan mereka kalau darah yang kita donorkan bukan cuma bermanfaat bagi yang membutuhkan tapi juga bagi tubuh kita dikemudian hari.Pada wawancara Indra Kurniawan selaku ketua KSR UNJ berharap “untuk seluruh civitas akademika UNJ dan masyarakat umumnya untuk tetap sadar dengan mendonor darahnya walaupun dimasa pandemi ini, tetap aman dengan donor darah. Semoga bagi yang sudah mendonorkan darahnya dapat berguna darahnya bagi yang membutuhkan dan membantu UTD dalam memenuhi stok darah yang tersedia.”