Enter your keyword

UNJ Tuan Rumah LPTK CUP X Tahun 2021

UNJ Tuan Rumah LPTK CUP X Tahun 2021

UNJ Tuan Rumah LPTK CUP X Tahun 2021

Humas UNJ, Jakarta - Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) CUP yang diselenggarakan dua tahun sekali, dahulunya Bernama Sudjiran Cup, diberi nama tersebut karena untuk menghormati beliau yang meninggal dunia ketika sedang bermain tenis. Sudjiran Cup telah 10 kali dilaksanakan, dan berganti nama menjadi LPTK CUP yang telah 10 kali bergulir juga.

Pada tahun 2021 ini, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi penyelenggara LPTK CUP X Tahun 2021. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 2-5 Desember 2021 di Kampus UNJ. Kegiatan LPTK CUP X dilaksanakan dengan menerapkap protokol kesehatan yang ketat dimana setiap peserta dan penonton yang hadir wajib melakukan swab dan mematuhi protokol kesehatan.

Rincian kegiatan LPTK CUP X yang digelar selama 4 hari ini diantaranya, pada tanggal 2 Desember 2021 diadakan gala dinner pembukaan LPTK CUP X yang bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Sementara itu untuk pertandingannya digelar pada tanggal 3-5 Desember 2021 sekaligus pada malam harinya dilaksanakan gala dinner penutupan. Untuk olahraga yang diperlombakan di LPTK CUP X ini ada Golf, Bulu Tangkis, Tenis, dan Petanque.

Beberapa nama LPTK Negeri se-Indonesia yang turut memeriahkan LPTK CUP X diantaranya nama universitas yang mengikuti ada Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Cenderawasih, Universitas Sebelas Maret.

Adapun tujuan LPTK CUP X diantaranya, 1) Memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, persahabatan serta silaturahmi antar LPTK se-Indonesia; 2) Meningkatkan motivasi persaingan prestasi olahraga antar LPTK se-Indonesia; 3) Menyediakan wahana pertandingan antar sivitas akademika dalam lingkup LPTK se-Indonesia yang dibina di perguruan tinggi masing-masing; dan 4) Mengembangkan kreativitas dan inovasi terbaru di dunia keolahragaan melalui pertemuan ilmiah.

Kegiatan LPTK CUP X, selain dihadiri para pejabat dari LPTK Negeri se-Indonesia, acara ini juga turut dihadiri oleh Dr. Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Achmad Firdaus selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta.

Pada kesempatan pertama gala dinner pembukaan LPTK CUP X, Dr. Johansyah Lubis selaku Dekan FIK UNJ melaporkan, bahwa dalam LPTK CUP UNJ X terdapat 12 nomor pertandingan yang diikuti oleh 395 atlet dan 157 official dari 14 perguruan tinggi LPTK se-Indonesia untuk memperebutkan 36 medali. Selain kegiatan pertandingan olahraga, pada LPTK CUP X UNJ 2021 turut juga diselenggarakan seminar keolahragaan dan pameran produk inovasi keolahragaan dari 14 LPTK se-Indonesia.

“Selamat datang kepada seluruh kontingen yang telah jauh – jauh dating dari universitas masing-masing dan selamat bergabung pada event LPTK CUP UNJ X 2021 di UNJ, dan selamat bertanding.” Tutup Dr. Johansyah Lubis.

Sementara itu Rektor UNJ, Prof. Komarudin mengatakan dalam sambutannya, bahwa berangkat dari semangat pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga nasional, maka peran LPTK sangat sentral dalam mengawal dan mensukseskan desain besar olahraga nasional. Kami siap Pak Menteri untuk mendukung desain besar olahraga nasional dan yang paling dekat untuk menyukseskan untuk Olimpiade 2024, Insya Allah kami siap mendukung itu, ujar Prof. Komarudin.

Lanjut Prof. Komarudin menambahkan, dengan terbitnya Peraturan Presiden 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional merupakan momen penting khususnya bagi perguruan tinggi LPTK untuk meningkatkan kapasitas sinergitas dan produktivitas olahraga yang dapat meraih prestasi nasional dengan keunggulan sarana dan prasarana yang dimiliki LPTK, ucap Prof. Komarudin.

Dr. Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga, dalam sambutannya mengatakan selamat kepada UNJ sebagai tuan rumah, ucapan selamat ditunjukkan karena sebagai tuan rumah bukan sebagai juara, kalau sebagai juara para atlet dari berbagai LPTK pada pulang semua tidak ada yang akan bertanding, karena juara sudah tahu duluan. Pada LPTK CUP X 2021 ini, para peserta akan memperebutkan piala bergilir Kemenpora untuk yang berhasil meraih Juara Umum nantinya. Untuk itu para atlet yang dimohon dengan sungguh-sungguh dalam pertandingan LPTK CUP ini, ujar Dr. Zainudin Amali.