Enter your keyword

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Tinggi Pascasarjana UNJ Gelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat Pascasarjana

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Tinggi Pascasarjana UNJ Gelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat Pascasarjana

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Tinggi Pascasarjana UNJ Gelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat Pascasarjana

Humas UNJ, Jakarta – Program studi S2 Manajemen Pendidikan Tinggi Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengangkat judul “Pendampingan Tentang Manajemen Kurikulum Program Studi di Era 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka” pada gelaran Kegiatan P2M yang berlangsung pada Rabu, 26 Juni 2024 di Prodi Manajemen Pendidikan Islam, STAI Nurul Iman Parung, Bogor yang berlangsung sejak pukul 09.00-16.00 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahun dan keterampilan tentang pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, demi mewujudkan target capaian dari tujuan kurikulum. Kurikulum perguruan tinggi merupakan program untuk menghasilkan lulusan, sehingga program tersebut seharusnya menjamin agar lulusannya memiliki kualifikasi yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam KKNI. Hasilnya Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Nurul Iman Parung, Bogor dapat menyusun dokumen kurikulum yang lengkap dan sesuai dengan pedoman kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pada kegiatan pengabdian ini mengundang Ketua Puket I, Ketua Program Studi serta mengundang dosen STAI Nurul Iman sebagai tim penyusun kurikulum sebanyak 20 orang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menerapkan kegiatan manajemen kurikulum program studi Manajemen Pendidikan Islam di era industri 4.0 yang mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dalam kegiatan ini menghadirkan empat narasumber, (1) Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd. selaku Koordinator Prodi S2 Manajemen Pendidikan Tinggi, (2) Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd., (3) Dr. Desi Rahmawati, M.Pd., S.E., M,SI, serta (4) Apreriri Cahyani, S.Pd. selaku mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Tinggi dan sekaligus praktisi dari salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta serta Moderator oleh Tuti Nurhaningsih Santoso, S.Sos., MPP. selaku mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Tinggi dan Praktisi Pendidikan sebagai Kepala HR di Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan Indonesia.

Materi pertama, konsep manajemen kurikulum disampaikan oleh Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd., yang menjelaskan landasan dasar pengembangan kurikulum, pengembangan kurikulum di tingkat program studi keterkaitan dengan KKNI, serta pedoman dasar dalam menyusun dokumen kurikulum program studi.

Narasumber kedua, Apreriri Cahyani, S.Pd. menjelaskan mengenai Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam kegiatan pembelajaran dan proses rekognisi kegiatan mahasiswa di luar program studi.

Narasumber ketiga, Dr. Desi Rahmawati, M.Pd menjelaskan tentang penyusunan RPS. Disampaikan bahwa RPS perangkat pembelajaran adalah kelengkapan yang harus dibuat atau disediakan oleh dosen untuk mendukung kelancaran dan efektivitas pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil maksimal setiap dosen harus membuat, menyipakan dan memiliki perangkat pembalajaran tersebut.

Terakhir sebagai narasumber keempat, Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd menyampaikan pada sesi keempat dengan materi Aplikatif Dokumen Kurikulum dan pentingnya pengelolaan kurikulum dalam memenuhi Standar proses dalam SN Dikti.

Acara dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan para peserta. Berbagai pertanyaan informatif dan kritis dapat direspons dengan baik oleh para narasumber. Kegiatan ditutup oleh pewara dipandu oleh Sintho Sukorini selaku mahasiswa Manajemen Pendidikan Tinggi Pascasarjana UNJ.

Sumber berita dan foto : Tim Kontributor Program studi S2 Manajemen Pendidikan Tinggi Pascasarjana UNJ