Enter your keyword

Perayaan Pesta Rakyat Dies Natalis UNJ Ke-60, Siap Menjadi PTNBH dan Kukuhkan Diri Sebagai Universitas Berkelas Dunia

Perayaan Pesta Rakyat Dies Natalis UNJ Ke-60, Siap Menjadi PTNBH dan Kukuhkan Diri Sebagai Universitas Berkelas Dunia

Perayaan Pesta Rakyat Dies Natalis UNJ Ke-60, Siap Menjadi PTNBH dan Kukuhkan Diri Sebagai Universitas Berkelas Dunia

Humas UNJ, Jakarta – Gelaran Pesta Rakyat merupakan tradisi saat Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta (UNJ) setiap tahunnya sejak tahun 2019. Pada Pesta Rakyat ini, seluruh warga UNJ dari pimpinan, dosen, pegawai, mahasiswa, dan alumni berbaur menjadi satu dalam momentum pesta rakyat untuk memeriahkan hari jadi UNJ. Pesta Rakyat UNJ tahun ini mengangkat tema yang selaras dengan tema Dies Natalis UNJ ke-60 yaitu “Bertransformasi Menuju Universitas Kelas Dunia“ bertempat di GOR UNJ, Kampus B dan juga disiarkan dikanal YouTube Edura TV UNJ pada Rabu, 12 Juni 2024. Jalannya Pesta Rakyat UNJ tahun ini dipandu oleh Anwar Sanjaya dan Geraldo Chyntia sebagai pembawa acara yang juga merupakan alumni UNJ.

Perayaan Dies Natalis UNJ ke-60 tahun sesuai amanat pimpinan tahun ini yang menjadi host, yaitu Fakultas Ekonomi (FE) UNJ. Acara Dies Natalis UNJ ke-60 telah dimulai sejak bulan Maret 2024, diawali dengan Soft Launching Dies Natalis UNJ ke-60 dalam acara peringatan Nuzulul Quran dengan menghadirkan Dr. KH. Mulyadi Efendi dengan tema ceramah “Muhasabah Diri untuk Meningkatkan Kualitas Organisasi”.

Pada rangkaian kegiatan Pesta Rakyat UNJ ini diantaranya dilakukan Jalan Sehat dari Kampus A ke Kampus B UNJ, senam bersama, pemberian penghargaan dosen, tendik, dan mahasiswa berprestasi, peluncuran air mineral “eduQua”, penampilan Batavia Chamber Orchestra (BCO), hiburan dan berbagai doorprize untuk semua peserta Pesta Rakyat UNJ.

Prof. Usep Suhud selaku Dekan FE UNJ sekaligus Ketua Pelaksana Dies Natalis UNJ ke-60 mengungkapkan bahwa kemeriahan dan semarak Pesta Rakyat sebagai rangkaian penutup Dies Natalis ini untuk memelihara kedekatan antar sivitas akademika UNJ dan sekaligus merayakan insan-insan UNJ yang berkualitas unggul dan berdedikasi untuk kemajuan UNJ. “Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak, baik pimpinan di UNJ dan panitia serta khususnya para mitra sponsor yang saling membahu dalam menyukseskan Dies Natalis dan Pesta Rakyat ini.” ungkap Prof. Usep Suhud.

Akhirnya dengan semangat Dies Natalis ke-60 tahun ini marilah kita kuatkan sinergisitas untuk bekerja keras dan semangat untuk meningkatkan reputasi akademik dan melahirkan sumber daya manusia yang kompeten sebagai bekal menuju Universitas Berkelas Dunia, tutup Prof. Usep Suhud.

Sementara itu, Shandy Aditya selaku Ketua Pelaksana Pesta Rakyat UNJ yang juga dosen FE UNJ mengatakan bahwa sebagai PIC dari Pesta Rakyat UNJ 2024 ini, Saya dapat merasakan ke solidan civitas akademi lintas fakultas dan unit. Hal ini menjadi gambaran bahwa UNJ, selalu siap dengan segala tantangan yang ada, demi universitas bereputasi di kawasan Asia, ucap Shandy Aditya.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ mengatakan bahwa Pesta Rakyat UNJ ini dipersembahkan untuk rakyat UNJ, baik dosen, pegawai, mahasiswa, hingga alumni UNJ. Terima kasih kepada Prof. Usep Suhud serta panitia yang sudah menjadi tuan rumah Dies Natalis UNJ ke-60 tahun, sivitas akademika UNJ, serta mitra sponsor atas kesuksesan acara ini. Suksesnya gelaran Dies Natalis ke-60 ini telah memberikan warna, catatan sejarah dan keyakinan bahwa kita bisa mencapai visi menjadi dan menghadirkan yang terbaik menuju universitas berkelas dunia, ucap Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan bahwa Dies Natalis ke-60 UNJ mengusung tema “Bertransformasi Menuju Universitas Kelas Dunia”. Mengapa kami mengusung ini? Karena InsyAllah tahun ini kita akan menjadi PTN-BH. Untuk itu sebagai perguruan tinggi berbadan hukum maka wajib dan harus menjadi universitas berkelas dunia dan termasuk peningkatan hilirisasi bisnis UNJ untuk meningkatkan income generating dari berbagai sektor, termasuk hari ini UNJ sudah meluncurkan air mineral dalam kemasan yang bermerk “eduQua”. Semoga “eduQua” ini dapat menjadi salah satu income generating bagi UNJ menjelang dan saat PTNBH nanti. Dan melalui momentun Dies Natalis UNJ ke-60 ini, mari kita selalu bersinergi, kolaborasi, dan ikhlas dalam membangun prestasi dan reputasi UNJ agar kampus yang kita cintai bersama ini menjadi kampus terbaik di kancah nasional maupun dunia serta melahirkan para lulusan berkualitas dan berakhlak mulia, khususnya para guru yang kelak akan mendidik para generasi penerus bangsa nanti, ucap Prof. Komarudin.