Enter your keyword

Pelepasan Mahasiswa Program Darmasiswa RI UNJ Tahun Akademik 2023/2024

Pelepasan Mahasiswa Program Darmasiswa RI UNJ Tahun Akademik 2023/2024

Pelepasan Mahasiswa Program Darmasiswa RI UNJ Tahun Akademik 2023/2024

Humas UNJ, Jakarta – Senin, 24 Juni 2024 bertempat di Lobi Rektorat, Gedung Rektorat UNJ Lantai Dasar, Mahasiswa Darmasiswa RI UNJ Tahun Akademik 2023/2024 melakukan perpisahan dan mengakhiri masa Darmasiswa selama 10 bulan yang mempelajari bahasa, budaya, musik, tari dan mengenal lebih dalam mengenai Indonesia. Acara pelepasan dihadiri oleh Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, Prof. Fahrurrozi selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Johansyah Lubis selaku Ketua LP3M, Dr. Widya Parimita selaku Kepala BPU, Tia Ristiawati, M.Hum selaku Kepala UPT Bahasa, para dosen serta para mahasiswa program darmasiswa.

Prof. Fahrurrozi dalam laporannya menyampaikan bahwa program darmasiswa ini merupakan program yang dirintis oleh Kemendikbudristek dengan tujuan ingin mengenalkan ke seluruh dunia mengenai bahasa dan Budaya Indonesia. UNJ pada tahun 2023 mendapatkan 9 orang mahasiswa darmasiswan dengan rincian 7 orang wanita dan 2 pria. Satu mahasiswa berasal dari Algiers, 2 mahasiswa berasal dari China, 1 mahasiswa berasal dari German, 1 mahasiswa berasal dari Itali, 1 mahasiswa berasal dari Kazakhstan, 2 mahasiswa berasal dari Pakistan dan 1 mahasiswa berasal dari Ukraina.

Mahasiswa Darmasiswa selama di Indonesia melakukan kegiatan akademik dan non akademik yang dimulai sejak tanggal 31 Agustus 2023 dan akan berakhir pada 30 Juni 2024. Selama melaksanakan kegiatan di UNJ, para Mahasiswa Darmasiswa selain mempelajari budaya dan Bahasa Indonesia, mereka juga mengambil mata kuliah yang ada di berbagai fakultas di UNJ dalam rangka untuk memperdalam Bahasa Indonesia. Selama di UNJ, para Mahasiswa Darmasiswa juga diajak berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia sehingga beberapa Waktu lalu saat UNJ kedatangan tamu dari China, salah satu Mahasiswa Darmasiswa yang menjadi penerjemahnya.

Selain kegiatan akademik, para Mahasiswa Darmasiswa mengikuti kegiatan non akademik seperti tari kreasi, memasak, kegiatan seni dan budaya, olahraga serta kegiatan PKM di Labschool. Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan beberapa daerah yang ada di Indonesia, diantaranya berkunjung ke desa wisata seperti di Bandung serta Kepulauan Seribu. “Hari ini para mahasiswa darmasiswa akan dilepas ke negaranya masing-masing, karena pada tanggal 27 Juni nanti akan diterima oleh Kemendikbudristek dan dikumpulkan yang kemudian akan resmi dilepas oleh pemerintah Indonesia.”, jelas Prof. Fahrurrozi dalam laporannya.

Prof. Komarudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa suatu kebanggaan bagi UNJ yang telah dipercaya oleh pemerintah untuk kembali membina Mahasiswa Darmasiswa. Rektor yakin dalam 10 bulan ini para Mahasiswa sudah banyak belajar Bahasa dan Kebudayaan Indonesia sampai ada yang bisa menjadi penerjemah saat UNJ kedatangan tamu dari China. Rektor berpesan kedepannya Program Mahasiswa Darmasiswa ini bisa diintensifkan untuk pengenalan budaya yang langsung terjun ke masyarakat dengan mengikuti kegiatan ke beberapa Desa Wisata Binaan UNJ. “Selamat kepada Anda semuanya, Mahasiswa Darmasiswa RI Tahun 2023/2024 di UNJ saya nyatakan dilepas untuk kembali ke negara masing-masing.” tutup Prof. Komarudin.

Acara selanjutnya pemutaran video kenangan Mahasiswa Darmasiswa 2023/2024 dalam berbagai kegiatan selama 10 bulan, penyampaian kesan perwakilan Mahasiswa Darmasiswa, performance pembacaan puisi dan menyanyikan lagu oleh seluruh Mahasiswa Darmasiswa.