Enter your keyword

Kursus Mahir Dasar Pramuka (KMD) Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNJ Tahun 2024

Kursus Mahir Dasar Pramuka (KMD) Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNJ Tahun 2024

Kursus Mahir Dasar Pramuka (KMD) Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNJ Tahun 2024

Humas UNJ, Jakarta – Bertempat di Plaza Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Rabu, 19 Juni 2024 dilakukan upacara pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi Mahasiswa Prajabatan Pascasarjana UNJ Gelombang 1 dan 2 tahun akademik 2023. Prof. Dedi Purwana selaku Direktur Pascasarjana UNJ berkesempatan membuka acara ini. Hadir sebagai undangan antara lain Wakil Ketul dan Pengurus Kwarda DKI Jakarta, para pelatih dan narasumber dari Kwarda DKI Jakarta, para Kordiv Bidang Ilmu dan Koordinator Bidang Studi.

Acara KMD diikuti oleh 530 peserta yang dibagi dalam 2 gelombang, Gelombang 1 sebanyak 282 peserta dan gelombang 2 sebanyak 248 peserta yang berasal dari :

  1. Prodi PIPS, 107 peserta,
  2. Prodi Pemasaran, 23 peserta,
  3. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 20 peserta,
  4. Prodi PGSD, 55 peserta,
  5. Prodi PJOK, 53 peserta,
  6. Prodi Tata Busana, 7 peserta, dan
  7. Tata Boga, 5 peserta.

Sedangkan gelombang 2 diikuti oleh 248 peserta yang terdiri dari :

  1. Prodi Bisnis dan Pemasaran, 13 peserta,
  2. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 38 peserta,
  3. Prodi Pendidikan Biologi, 1 peserta,
  4. Prodi PGSD, 72 peserta,
  5. Prodi IPS, 47 peserta,
  6. Prodi Pendidikan Kimia, 1 peserta,
  7. Prodi Pendidikan Matematika, 25 peserta,
  8. Prodi Pendidikan Sejarah, 11 peserta,
  9. Prodi Pendidikan Jasmani Olah raga Kesehatan, 29 peserta, dan
  10. Prodi Pendidikan Konstruksi dan Perumahan, 2 peserta.

Prof. Dedi Purwana dalam sambutannya berpesan bahwa sebagai calon guru professional Mahasiswa PPG harus memiliki berbagai skill antara lain nasionalisme cinta tanah air, kedisiplinan sebagai bekal ketika menjadi guru di berbagai sekolah tempat pengabdiannya masing-masing. Prof. Dedi juga mengingatkan para peserta KMD sebagai calon guru professional mengajarkan nilai dan budaya daerah Indonesia agar generasi Z mencintai budaya Indonesia dibandingkan budaya asing seperti K-Pop yang saat ini makin marak.

Pihak Kwarda DKI Jakarta yang menjadi mitra pelaksanaan KMD PPG Pascasarjana UNJ memberi apresiasi dan terimakasih kepada UNJ yang sudah menjadi mitra Kwarda dalam mensosialisasikan kegiatan Pramuka bagi generasi Z yang malas bergerak agar mereka tidak tergerus oleh kebudayaan luar yang tidak semuanya berdampak positif.

Prof. Muhammad Zid selaku Ketua Prodi PPG Pascasarjana UNJ melaporkan bahwa kegiatan KMD merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa peserta PPG Prajabatan sebagi bekal untuk menjadi Pembina Pramuka jenjang Siaga pada jenjang SD, Penggalang pada jenjang SMP sederajat dan Pembina Penegak untuk jenjang SMA sederajat. Menjadi pelatih dan Pembina Pramuka pada satuan dan jenjang Pendidikan merupakan kewajiban setiap guru, dengan demikian seluruh calon guru professional perlu memnguasai kepramukaan dan menerapkannya untuk mencetak peserta didik yang memiliki ketakwaan kepada Tuhan YME, mencintai alam dan manusia, sopan, rajin, disiplin, bertanggung jawab sesuai dengan dasar darma Pramuka.

Materi yang disampaikan dalam KMD meliputi fundamental gerakan Pramuka, prinsip dasar dan metode Kepramukaan, postur peserta didik siaga, pengglang dan penegak, teknik penyusunan program latihan, tata laksana perkemahan (upacara pembukaan perkemahan, teori berkemah), penyelesaian SKU, SKK, SPG dan pelantikan, program pertemuan Pramuka Penegak, organisasi dan administrasi Gudep, wadah pembinaan Pramuka Penegak, ragam keterampilan Pramuka Penegak, ragam upacara di Ambalan, praktik membina.

Dalam paparan materinya, Pelatih menggunakan metode yang bervariasi seperti diskusi, simulasi dan permainan disesuaikan dengan sasaran kelompok usia yaitu sasaran Pramuka, dilanjutkan dengan perkemahan di Bumi perkemahan Cibubur dengan ditutup api unggun dan malam gembira.

Sumber Berita dan Foto : Tim Kontributor PPG Pascasarjana UNJ