Enter your keyword

FIS UNJ Gelar Webinar Kesehatan Mata Dalam Pembelajaran Online

FIS UNJ Gelar Webinar Kesehatan Mata Dalam Pembelajaran Online

FIS UNJ Gelar Webinar Kesehatan Mata Dalam Pembelajaran Online

Humas UNJ, Jakarta - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah menyelenggarakan webinar kesehatan mata dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Dunia dengan tema “Menjaga Kesehatan Mata dalam Pembelajaran Online”. Webinar yang dilaksanakan Sabtu, 25 September 2021, dihadiri kurang lebih 200 peserta yang berasal dari berbagai Fakultas di UNJ, yang menggunakan aplikasi Zoom Meetings dan YouTube Streaming Edura TV.

Dalam Sambutan Pembukaan Acara, Dekan FIS UNJ Prof. Dr. Sarkadi, M.Si menyampaikan, hari penglihatan Sedunia, World  Sight Day 2021,  diperingati oleh FIS UNJ dalam bentuk Webinar, yang bertemakan  Menjaga Kesehatan Dalam  Pembelajaran Online, Tema dari webinar kali ini sangat menarik dan  menjawab kebutuhan dosen dan mahasiswa akan informasi  model pembelajaran online  yang tepat, sehat, mengingat selama ini dampak kesehatan mata  dari pembelajaran online, akibat pandemi Covid19, telah banyak dikeluhkan oleh para dosen dan mahasiswa. Prof. Sarkadi berharap kegiatan ini berkelanjutan dalam bentuk pemberian layanan kesehatan mata kepada para mahasiswa dan dosen di UNJ.

Poto Prof. Sarkadi ketika sambutan (Dok Humas UNJ)

 

Wakil Dekan III FIS UNJ dalam sambutannya menyampaikan,  World  Sight Day 2021, yang bertemakan Love Your Eyes, sangat tepat dengan keadaan dunia pendidikan saat ini, acara ini adalah untuk mengembalikan semangat pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran online serta menjaga kesehatan mata selama pembelajaran online sedang berlangsung. Apresiasi dan terima kasih disampaikan kepada dekan FIS UNJ Prof. Dr. Sarkadi, M.Si, yang memberi dukungan atas berbagai kegiatan Kemahasiswaan dan Alumni. WD III FIS UNJ menyampaikan terima kasih kepada Pembicara, Panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Terima kasih ke Edura TV, Humas UNJ dan FIS Media Centre yang meliput acara ini.

Poto Dr. Abdul Haris ketika sambutan (Dok Humas UNJ)

Webinar Kesehatan Mata diisi oleh narasumber yang berpengalaman dalam pembelajaran online dan profesional kesehatan yang begitu inspiratif, yakni: Dr. H. Tjipto Sumadi, M,Si, M.Pd. selaku Koorprodi Pendidikan Kewarganegaraan FIS UNJ yang membawakan tema pembicaraan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19”, narasumber kedua dr. Santi Anugrahsari, SpM, MSc, FISQua. selaku Kepala SMF Mata RSUD Koja  Jakarta Utara.  Moderator  Railah Nur  Aulia, MA, Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam FIS UNJ.

Dalam sambutan penutup Pembina BEM Prodi Pendidikan Sejarah,  Dr  Nur’aeni Marta  M, Hum, Webinar mengingatkan kembali beberapa poin yang disampaikan oleh pembicara, yaitu  kita perlu mengatur jarak penglihatan dengan gadget. Beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata antara lain: menghindari berhadapan langsung dengan air conditioner, menggunakan air humidifier di dalam ruang kerja, mengonsumsi makanan kaya akan vitamin, hindari rokok, membaca dalam pencahayaan yang tepat, dan menggunakan kacamata hitam dengan UV protector. Kita juga perlu mewaspadai apabila ada keadaan dimana mata merah, buram mendadak, dan nyeri hebat pada mata, segera bawa diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

MC dalam  Peringatan World  Sight Day 2021, Nabila  Agustina  dan Alisa Citra Iswati,   dalam penutupan acara   menyampaikan,  Webinar,  Kesehatan Mata dalam Pembelajaran Online, merupakan, bagian kecil dari bakti UNJ terhadap Bangsa. Keinginan dari para dosen dan mahasiswa UNJ  agar peringatan World Sight Day 2021, berkelanjutan tidak sebatas Webinar tetapi juga diikuti oleh aksi sosial pemeriksaan kesehatan mata secara langsung.