Enter your keyword

(Bahasa) Kembali Torehkan Prestasi! BATAVIA TEAM UNJ Berhasil Membawa Pulang Piala di Event KMHE 2021

(Bahasa) Kembali Torehkan Prestasi! BATAVIA TEAM UNJ Berhasil Membawa Pulang Piala di Event KMHE 2021

(Bahasa) Kembali Torehkan Prestasi! BATAVIA TEAM UNJ Berhasil Membawa Pulang Piala di Event KMHE 2021

Humas UNJ, Jakarta - Tim mobil hemat energi kebanggaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), BATAVIA TEAM UNJ kembali berhasil meraih penghargaan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud Ristek. Kontes Mobil Hemat Energi 2021 dilakukan secara hybrid yaitu online dan offline.

Ajang berskala nasional tersebut merupakan level tertinggi kompetisi mobil hemat energi di Indonesia. Perlombaan ini diikuti oleh 72 perguruan tinggi se-Indonesia di mana jumlah pesertanya sebanyak 72 tim, yang dibagi dalam 2 konsep mobil yaitu Urban Concept dan Prototype Concept. Dalam tiap konsep, dibagi kembali menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis bahan bakar yang digunakan yaitu gasoline, diesel, ethanol, dan listrik.

Pada KMHE 2021 ini sistem kompetisinya berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana ada proses seleksi administratif terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan proses seleksi laporan desain kendaraan. Setelah itu dilanjutkan dengan seleksi Video Technical Inspection dan yang terakhir ada Finalis yang berhak mengikuti kegiatan secara offline pada tanggal 15 – 20 November 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya. Untuk tahun ini yang ditunjuk menjadi tuan rumah adalah Universitas Negeri Surabaya.

Pada kegiatan ini BATAVIA TEAM UNJ mengikuti kelas Prototype dengan bahan bakar listrik dan berhasil membawa pulang piala juara kedua dalam KMHE 2021 dengan result 428,69 km/kwh. Di mana pada kelas Prototype berbahan bakar listrik ini, ada 4 Tim Finalis yang berkompetisi yaitu Universitas Negeri Jakarta, Universitas Gajah Mada, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Muhammadiyah Yogykarta. Sebelumnya jumlah tim yang terdapat pada kategori ini adalah 23 tim, lalu disaring menjadi 17 tim dan akhirnya menjadi 4 tim finalis. Kategori Prototype Listrik merupakan kategori dengan jumlah tim terbanyak pada KMHE tahun ini.

Dalam kesempatan ini, Yuga Fitri Nur Syamsy selaku General Manager BATAVIA TEAM UNJ menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada UNJ dan pihak sponsorship yang telah mendukung BATAVIA TEAM UNJ sampai menjadi Juara. Yuga berharap ke depannya BATAVIA TEAM UNJ dapat terus meraih prestasi yang lebih baik dalam kompetisi mobil hemat energi yang akan datang.

Foto Perayaan Juara TIM Batavia UNJ (Dok Humas UNJ)

Sementara itu Pratomo Setyadi, S.T., M.T selaku dosen pembimbing BATAVIA TEAM UNJ mengatakan bahwa dirinya turut gembira atas prestasi BATAVIA TEAM UNJ ini sehingga dapat menjadi semangat dan motivasi agar lebih baik ke depannya nanti, ungkap Pratomo Setyadi, S.T., M.T.

Terkait prestasi dari BATAVIA TEAM UNJ,  Dr. Efri Sandi, S.Pd, M.T yang merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UNJ mengapresiasi setinggi – tingginya atas prestasi mahasiswa FT UNJ dan mengungkapkan bahwa prestasi tim Batavia ini harus menjadi pemacu semangat dan motivasi seluruh mahasiswa Fakultas Teknik dan UNJ untuk terus berupaya meraih prestasi dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki.

Lanjut Dr. Uswatun Hasanah, M.Si selaku Dekan FT UNJ, mengatakan bahwa mahasiswa Fakultas Teknik melalui tim Batavia dapat membuktikan bahwa mahasiswa FT UNJ mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi besar lainnya di Indonesia dan berprestasi di level nasional, ujar Dr. Uswatun Hasanah, M.Si.

Rektor UNJ, Prof. Komarudin, M,Si juga turut mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh BATAVIA TEAM UNJ. “Selamat untuk BATAVIA TEAM UNJ. Prestasi ini menunjukkan kualitas mahasiswa UNJ yang sangat luar biasa dan ini sangat membanggakan bagi nama baik UNJ. Semoga dapat terus meraih prestasi bagi BATAVIA TEAM UNJ dan berharap dunia usaha serta industri dapat bekerja sama dengan BATAVIA TEAM UNJ dalam mengembangkan produk otomotif karya mahasiswa dan dosen UNJ ini, ujar Prof. Komarudin, M,Si.