Enter your keyword

(Bahasa) LSPP1-UNJ LAKSANAKAN KEGIATAN UJI KOMPETENSI BATCH III BAGI 200 ORANG MAHASISWA UNJ

(Bahasa) LSPP1-UNJ LAKSANAKAN KEGIATAN UJI KOMPETENSI BATCH III BAGI 200 ORANG MAHASISWA UNJ

(Bahasa) LSPP1-UNJ LAKSANAKAN KEGIATAN UJI KOMPETENSI BATCH III BAGI 200 ORANG MAHASISWA UNJ

Sorry, this entry is only available in Bahasa For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Humas UNJ, Jakarta-Sebagai tindak lanjut dari diperolehnya hibah Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) tahun 2022 oleh LSPP1-UNJ dari BNSP, pada tanggal 7 Juni 2022 yang lalu LSPP1-UNJ mulai melaksanakan kegiatan uji kompetensi bagi mahasiswa UNJ. Seperti diketahui, LSPP1-UNJ mendapatkan bantuan pembiayaan uji kompetensi melalui program hibah PSKK dari BNSP untuk 200 orang mahasiswa pada 5 skema sertifikasi, yaitu Pelaksanaan Pelatihan Tatap Muka, Chef de Partie Pastry, Inspektor Keamanan Pangan, Senior Stylist, dan Senior Beautician.

Uji kompetensi yang mulai dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2022 meliputi 3 skema, yaitu Chef de Partie Pastry, Senior Stylist, dan Senior Beautician. Untuk skema Inspektor Keamanan Pangan rencna akan dilaksanakan pada 14–17 Juni 2022, sedangkan skema Pelaksanaan Pelatihan Tatap Muka pada 21 Mei–7 Juli 2022.

Menurut Ketua LSPP1-UNJ, Dr. Alsuhendra, M.Si, hibah PSKK yang diperoleh LSPP1-UNJ ini sangat membantu mahasiswa dalam mengikuti uji kompetensi. Sebab, mahasiswa tidak dipungut biaya apapun dalam kegiatan ini karena semua biaya ditanggung oleh BNSP. LSPP1-UNJ juga berkomitmen untuk terus mencari peluang sumber pembiayaan dari luar UNJ untuk pelaksanaan uji kompetensi di masa datang.

Pada pelaksanaan uji kompetensi Batch III ini, jumlah mahasiswa yang mengikuti uji untuk skema Chef de Partie Pastry, Inspektor Keamanan Pangan, Senior Stylist, dan Senior Beautician adalah masing-masing sebanyak 20 orang, sedangkan skema Pelaksanaan Pelatihan Tatap Muka akan diikuti oleh 120 orang mahasiswa. Kegiatan uji kompetensi dilakukan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang merupakan laboratorium dari setiap bidang yang diujikan, seperti TUK Pastry and Bakery dan TUK Rekayasa dan Analisis Pangan di Prodi Pendidikan Tata Boga, TUK Tata Kecantikan Rambut dan TUK Tata Kecantikan Kulit di Prodi Pendidikan Tata Rias, serta TUK Metodologi di tingkat UNJ. Peralatan yang tersedia di setiap TUK sudah layak untuk uji kompetensi karena sebelum digunakan sebagai TUK, laboratorium tersebut diverifikasi oleh tim LSPP1-UNJ.

Ketua Bidang Sertifikasi LSPP1-UNJ, Dr. Ridawati, M.Si, yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan uji kompetensi ini menambahkan bahwa sampai saat ini sebanyak 206 orang mahasiswa UNJ yang mengikuti kegiatan uji kompetensi di LSPP1-UNJ dan semuanya telah mendapatkan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan BNSP. Dr. Alsuhendra, M.Si menyatakan bahwa setelah uji kompetensi Batch III ini selesai, kegiatan uji kompetensi akan dilanjutkan untuk Batch IV pada bulan Agustus 2022. Harapan Dr. Ridawati, M.Si adalah semakin banyak mahasiswa UNJ yang mengikuti uji kompetensi, sehingga semakin banyak pula mahasiswa yang memiliki sertifikat kompetensi berskala nasional. Semoga!