Enter your keyword

(Bahasa) Ilmu Komunikasi UNJ Gelar Webinar Keamanan Digital dengan Tema “Lawan Cybercrime dengan Literasi Digital”

(Bahasa) Ilmu Komunikasi UNJ Gelar Webinar Keamanan Digital dengan Tema “Lawan Cybercrime dengan Literasi Digital”

(Bahasa) Ilmu Komunikasi UNJ Gelar Webinar Keamanan Digital dengan Tema “Lawan Cybercrime dengan Literasi Digital”

Humas UNJ, Jakarta-11 Desember 2021, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta menggelar webinar digital DIGITALK (Digital Literacy Talk) dengan tema Lawan Cybercrime dengan Literasi Digital. Acara ini diisi oleh master of ceremony Dinda Ayu Firanti serta moderator Harisa Ninda. Webinar ini dihadiri pembicara yang berpengalaman pada bidang keamanan digital, IT Security Consultant, Yudhi Kukuh, dan Marketing Director, Chrissie Maryanto.

Dalam penyampaiannya, Yudhi Kukuh mengatakan “Data kita itu ada dimana-mana. Pendidikan, kesehatan, aplikasi, dan sebagainya.” Namun ada data personal yang sangat sensitif dan perlu kehati-hatian untuk disebarkan, seperti: alamat, nomor telepon, nama lengkap anggota keluarga (khususnya ibu), STNK, password, NIK, tanggal lahir, no. passport, nomor polis asuransi, catatan kesehatan, no. kartu kredit, PIN, akun bank, dan sertifikat vaksin yang sedang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini.

Penyampaian materi oleh Yudhi Kukuh (Dok Humas UNJ)

“Pastikan kalau kita membeli barang elektronik itu legal, orisinal dan instal aplikasi dari situs terpercaya; play store, app store.” Ucapnya di Webinar Digitalk.

Berbeda dengan Yudhi Kukuh yang membahas Data Personal di Internet, Chrissie Maryanto membahas branding dan penjualan dalam perusahaan.

Penyampaian materi oleh Chrissie Maryanto (Dok Humas UNJ)

Untuk menjamin keamanan data personal atau data lain di internet atau di gadget apa pun, gunakan anti virus. Anti virus akan menjaga data yang dimiliki pengguna dari malware yang akan mengganggu bahkan mencuri data pengguna. Gunakan antivirus yang ringan, tampilannya user friendly, namun tetap terjangkau. Produk antivirus pun butuh strategi pemasaran agar dapat menjangkau pelanggan.

Chrissie Maryanto menyampaikan ada beberapa strategi pemasaran dalam suatu produk yang dikenal dengan rumusan AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).

Dalam hal ini, hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan antara lain brand positioning, brand awareness, brand activation, brand retention, dan brand loyalty.

Acara ini juga dihadiri oleh pimpinan fakultas, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si, koordinator program studi Ilmu Komunikasi UNJ, Dr. Dini Safitri, M.Si, serta dosen pengampu mata kuliah Kampanye Public Relations, Dr. Elisabeth Nugrahaeni P. M.Si.

Webinar Digitalk diharapkan dapat menjadi wadah mahasiswa dan masyarakat umum untuk memahami literasi keamanan digital dan lebih sadar untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi personal untuk kepentingan tertentu.

kontributor: Mutia Khairunnisa