Enter your keyword

(Bahasa) FIS UNJ Gelar Webinar Pengelolaan Jurnal di Lingkungan FIS: Evaluasi dan Rencana Pembuatan Jurnal Pengabdian Masyarakat FIS

(Bahasa) FIS UNJ Gelar Webinar Pengelolaan Jurnal di Lingkungan FIS: Evaluasi dan Rencana Pembuatan Jurnal Pengabdian Masyarakat FIS

(Bahasa) FIS UNJ Gelar Webinar Pengelolaan Jurnal di Lingkungan FIS: Evaluasi dan Rencana Pembuatan Jurnal Pengabdian Masyarakat FIS

Humas UNJ, Jakarta - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan webinar pengelolaan jurnal di lingkungan fakultas ilmu sosial dalam rangka focus group discussion dengan agenda “Evaluasi dan rencana pembuatan jurnal Pengabdian Kepada masyarakat Fakultas Ilmu Sosial”. Webinar dilaksanakan pada Sabtu pagi ini, 16 Oktober 2021 dan dihadiri oleh kurang lebih 25 perserta FGD yang berasal dari Dekanat FIS, internal pengelola jurnal FIS, dan koorprodi menggunkaan aplikasi Zoom meeting.

Dalam Sambutan Pembukaan FGD, Dekan FIS UNJ Prof. Dr. Sarkardi, M.Si menyampaikan bahwa kebutuhan akan Jurnal Pengabdian Masyarakat Di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial menjadi satu hal yang mendesak sebab di Universitas Negeri Jakarta saja, Jurnal Pengabdian Masyarakat hanya ada dua yaitu yang dikelola oleh LPPM dan yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi.

Tujuan FGD hari ini menjadi penting antara lain menambah informasi tentang sistem pengelolaan jurnal standar, tahapan pembuatan jurnal baru dan mewujudkan jurnal pengabdian FIS dalam waktu dekat. Dekan FIS berharap dengan dukungan penuh dari pimpinan fakultas dapat memompa semangat tim untuk segera membangun jurnal pengabdian masyarakat dan lewat FGD ini serta kehadiran Prof. Erfan Handoko sebagai narasumber hari ini dapat memberikan inspirasi tentang pengelolaan jurnal dan mewujudkan jurnal pengabdian masyarakat FIS yang berkualitas dan memberikan kontribusi tidak hanya di FIS namun juga di UNJ secara umum.Wakil Dekan bidang Akademik, Firdaus Wajdi, Ph.D sebagai ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan FGD saat ini menjadi penting terutama bagi semua tim pengelola jurnal di lingkungan FIS. Alhamdulillah, telah ada 9 jurnal akademik berbasis penelitian di program studi di lingkungan FIS. Namun, kebutuhan akan bidang Jurnal Pengabdian Masyarakat sangatlah krusial. Keberadaan FIS sebagai satu Fakultas yang memiliki potensi riset dan kegiatan kepada pengabdian masyarakat yang rutin setiap tahun harus dilanjutkan dengan pembentukan Pengabdian Masyarakat sebagai wadah untuk luaran kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan maupun untuk meningkatkan tata kelola fakultas.

Kegiatan FGD ini bertujuan untuk memberi pemahaman untuk menerbitkan jurnal pengabdian masyarakat di Fakultas Ilmu Sosial dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Erfan Handoko, M.Si selaku Koordinator Pusat Pengembangan Publikasi Ilmiah dan HKI LPPM UNJ tentang tata cara pengelolaan jurnal yang baik dan tahapan untuk memulai pembuatan jurnal baru.Apresiasi disampaikan kepada Dekan FIS UNJ Prof. Dr. Sarkadi, M.Si yang memberikan dukungan penuh atas berbagai kegiatan akademik yang dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial. Dalam sambutannya, ketua pelaksana menyampaikan terima kasih kepada pembicara Prof. Dr. Erfan Handoko dan seluruh panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan sangat baik. Terima kasih kepada task force Akademik FIS yang telah bekerja keras sampai saat ini.

FGD online penyusunan jurnal pengabdian kepada masyarakat dimulai dengan paparan narasumber yang berpengalaman yakni Prof. Dr. Erfan Handoko yang menjelaskan materi tentang Evaluasi Jurnal FIS dan Rencana Penyusunan Jurnal Pengabdian. Secara umum dalam penjelasan narasumber memberikan evaluasi pengelolaan jurnal di lingkungan FIS dan memberikan contoh jurnal mana yang sudah baik dan mana yang perlu ditingkatkan pengelolaannya. Terdapat beberapa catatan penting dalam pengelolaan jurnal antara lain konsistensi penerbitan dan referensi rujukan yang harus up to date.Dalam Sambutan penutup, ketua pelaksana kegiatan memiliki beberapa catatan penting terutama dalam pembuatan dan pengelolaan jurnal baru antara lain penentuan nama jurnal yang ilmiah, tim editor jurnal yang kredibel, waktu penerbitan jurnal, dan konsistensi jumlah artikel dalam jurnal pada setiap terbitannya, dan networking dengan pengelola jurnal sejenis untuk pengelolaan jurnal yang baik.

MC dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan jurnal pengabdian masyarakat  fakultas ini adalah Suci Nurpratiwi, M.Pd yang dalam sesi penutupan acara menyampaikan bahwa Jurnal Pengabdian Masyarakat menjadi satu awal penting bagi seluruh dosen di lingkungan FIS secara khusus dan dosen di lingkungan UNJ. Khususnya menjadi satu wadah untuk mempublikasikan hasil pengabdian masyarakatnya selama ini. Besar harapan bahwa jurnal ini dapat didukung tidak hanya dalam proses penyusunan jurnal namun juga didukung dengan artikel dari seluruh dosen di FIS.