Program Mahasiswa Wirausaha (PMW UNJ)

KONSEP PROGRAM

A.  Status

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan salah satu program dalam sistem pembelajaran/pendidikan yang ada di perguruan tinggi. Dengan demikian, PMW harus terintegrasi dan disinergikan dengan program-program kewirausahaan yang telah ada seperti; Kuliah Kewirausahan, Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), Program Magang/Belajar Bekerja Terpadu/Co-op, Kuliah Kerja Usaha (KKU) dan program kewirausahaan lainnya.

B.  Mekanisme

  1. Perguruan tinggi melakukan sosialisasi kepada para mahasiswa, identifikasi dan seleksi mahasiswa, pembekalan kewirausahaan, penyusunan rencana bisnis sambil magang di sebuah Mahasiswa yang pernah mengikuti program magang kewirausahaan (Program Co-op, KKU, dan program kewirausahaan lain) atau telah menjalankan usaha dapat dibebaskan dari kewajiban magang.
  2. Pada tahap kedua, untuk mendapatkan dukungan permodalan dalam rangka pendirian usaha baru (business start-up) mahasiswa harus menyusun rencana bisnis yang layak. Kelayakan rencana bisnis ditentukan oleh tim seleksi yang dapat terdiri dari unsur perbankan, UKM, dan perguruan tinggi
  3. Selama program berjalan perguruan tinggi dapat bekerjasama dengan para pengusaha kecil, menengah dan besar baik yang berbadan hukum, perseorangan, koperasi atau Perseroan Terbatas, secara individu ataupun asosiasi/perhimpunan pengusaha. Pengusaha dilibatkan secara aktif untuk memberikan bimbingan praktis wirausaha, mulai dari pendidikan dan pelatihan, magang, penyusunan rencana bisnis, dan pendampingan terpadu. Harus dihindari terjadinya persaingan yang tidak sehat antarmahasiswa dan pendamping. Diperlukan terjadinya sinergi atau komplementaritas antara jenis usaha yang dikembangkan mahasiswa tersebut dan jenis usaha
  4. Pendirian usaha baru dapat dilakukan secara perorangan (individu) atau secara berkelompok. Jumlah modal usaha yang disediakan untuk pendirian usaha maksimal Rp8.000.000,00 (delapan juta rupiah) per mahasiswa. Apabila berkelompok maka jumlah anggota maksimal 5 (lima) orang dengan jumlah modal usaha maksimal Rp40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah).
  5. Modal usaha juga dimungkinkan untuk pengembangan usaha yang sedang berjalan dengan pengaturan khusus oleh pihak pengelola.
  6. Pelaksanaan pendampingan usaha dilakukan dengan kerja sama antara perguruan tinggi dan pengusaha secara individu ataupun asosiasi sehingga usaha mahasiswa dapat berkembang dengan
  7. Hasil akhir yang diharapkan adalah
    1. terbentuk dan berkembangnya jiwa wirausaha dan wirausaha- wirausahawan baru yang berpendidikan tinggi dan memiliki pola pikir pencipta lapangan kerja;
    2. terbentuknya model pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi; serta
    3. tumbuh dan berkembangnya kelembagaan pengelola kewirausahaan mahasiswa di perguruan

Model program seperti diuraikan diatas terangkum dalam Skema 1 di bawah ini.

C.  Persyaratan bagi mahasiswa

  1. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa S1 yang telah menyelesaikan kuliah 2 semester atau minimal telah menyelesaikan 36 SKS dan maksimal sedang menempuh semester 6.
  2. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat di atas diharapkan menempuh seleksi yang meliputi aspek minat, motivasi berwirausaha, kelayakan usaha dan soft skills.
  3. Seleksi dilakukan oleh tim profesional yang terdiri dari unsur perguruan tinggi, pengusaha, dan perbankan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut penting mengingat mahasiswa harus didampingi oleh mentor dari perguruan tinggi yang terlibat langsung dalam proses pendidikan kewirausahaan, sedangkan UKM  merupakan  tempat  magang  dan yang mempunyai pengalaman praktis berusaha, dan perbankan merupakan pihak yang terkait serta berpengalaman dalam hal kelayakan
  4. Mahasiswa bersedia mengikuti peraturan dan tata tertib pengelola program PMW dengan mengikuti seluruh tahapan yang dijadwalkan, kemudian setelah menerima bantuan dana secara regular memberikan laporan pertanggungjawaban perkembangan usahanya kepada pengelola dalam hal ini tim Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

PELAKSANAAN

Sebagai strategi pendidikan, PMW harus menjadi bagian dari proses pendidikan mahasiswa selama masa studi di Perguruan Tinggi. Agar PMW dapat menumbuhkan jiwa wirausaha pada mahasiswa, maka tahapan yang dilakukan mencakup tahapan:

  1. Persiapan,
  2. Pembekalan,
  3. Pelaksanaan Program,
  4. Pemantauan dan

          Pelaksanaan kegiatan PMW diawali dengan Promosi melalui Media sosial, poster dan juga banner yang disebar ke seluruh penjuru kampus A, B, D, dan E UNJ dan dilanjutkan dengan tahap sosialisasi, entrepreneur challenge,  seleksi UKM, workshop proposal rencana bisnis, submit proposal rencana bisnis, presentasi proposal rencana bisnis, survey bisnis, penjurian Magang UKM, Kontrak, Pencairan Dana, dan Monev.

  1. Persiapan

Promosi

  1. Melaui Media Sosial UNJ dan Humas UNJ
  2. Spanduk yang dipasang di kampus A, B, D, dan E UNJ
  3. Poster yang dipasang pada mading setiap fakultas di lingkungan UNJ
  4. Lieflet yang disebar ke seluruh pelosok kampus UNJ

Esai

  1. Setiap peserta yang tertarik mengikuti kegiatan ini wajib mengumpulkan esai ke Kantor Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan
  2. Esai mencakup di dalamnya mengenai deskripsi diri, rencana usaha secara singkat dan alasan mengapa usaha tersebut layak didanai
  3. Esai dibuat secara individu dan menjadi persyaratan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Sosialisasi PMW

Sosialisasi

  1. Sosialisasi adalah acara yang akan mejelaskan apa yang dimaksud dengan PWM dan juga penjelasan tahapan yang harus dilalui untuk menjadi penerima modal dalam ajang PMW ini.
  2. Kegiatan ini juga bertujuan memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang PMW
  3. Peserta yang menghadiri acara sosialisasi adalah peserta yang telah memenuhi persaratan sebagai peserta kegitan PMW.
  4. Setelah tahap ini peserta yang hadir akan di bagiakan modal sebesar Rp25.000,00/individu untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu entrepreneurship challenge.
  5. Peserta yang sudah mendapatkan modal diwajibkan membentuk kelompok untuk entrepreneur challenge sebanyak minimal 2 orang dan maksimal 4 orang untuk 1 kelompok.

Entrepreneur Challenge

  1. Enterpereneur challenge (EC) adalah kegiatan yang menantang para peserta PMW untuk menguji kemampuan marketinnya, keberaniannya dan managerial dalam berbisnis.
  2. Kegiatan ini dilakuakan di tempat ramai seperti area car free day atau lokasi-lokasi yang khusus dipilih untuk menjalankan tantangan ini.
  3. Pelaksanaan kegiatan ini memakan waktu maksimal 5 jam.
  4. Setiap kelompok akan menjual produk yang mereka pilih sesuai dengan apa yang mereka mau tawarkan kepada masyarakat dengan modal yang telah didapat.
  5. Setiap kelompok diwajibkan melaporkan hasil penjualan kepada panitia setelah EC selesai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
  6. Setiap kelompok wajib membuat laporan kegiatan EC yang mencakup laporan keuangan dan laporan kegiatan secara keseluruhan dan mengembalikan modal yang telah diberikan kepada tim pengelola PMW Universitas maksimal 7 hari kerja setelah pelaksanaan EC.

Workshop Proposal Rencana Bisnis

  1. Workshop ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman para peserta dalam penyusunan proposal rencana bisnis serta kiat sukses menjalankan bisnis di kemudian hari.
  2. Pada tahap ini para peserta diwajibkan sudah memiliki rancangan proposal rencana bisnis yang akan didiskusikan dengan pembicara.
  3. Hasil dari workshop wajib diterapkan di dalam proposal rencana bisnis yang akan diajukan.

Submit Proposal Rencana Bisnis

  1. Tahap ini mengharuskan seluruh kelompok untuk mengumpulkan proposal rencana bisnis yang telah disusun dan diperbaiki pada tahap workshop.
  2. Aspek yang ditekankan dalam proposal rencana bisnis yaitu kreativitas dan inovasi, multiplier effect (dampak), kelayakan financial keberlanjutan, dan aspek manajemen usaha

Presentasi Proposal Rencana Bisnis

  1. Presentasi dilakukan oleh kelompok yang sudah mengumpulkan Proposal Rencana Bisnis.
  2. Seluruh anggota tim wajib mengikuti sesi presentasi.
  3. Setiap tim hanya diberikan waktu selama 15 menit, 8 menit untuk mempresentasikan dan 7 menit untuk sesi tanya jawab dengan dewan juri.
  4. Juri seleksi proposal/reviewer pada seleksi proposal ini apabila memungkinkan terdiri dari 3 pihak, yaitu dari kalangan perguruan tinggi, perbankan dan pengusaha/UKM. Tugas masing-masing reviewer yaitu:
    1. Reviewer dari perguruan tinggi melakukan penilaian terutama pada aspek teknis dan dukungannya terhadap kelayakan dan pengembangan usaha.
    2. Pihak pengusaha/UKM melakukan penilaian terutama pada aspek peluang pasar produk yang ditawarkan mahasiswa. Mengingat telah memiliki pengalaman langsung dalam berusaha, diharapkan UKM dapat memberikan masukan dan penilaian terhadap potensi
    3. Sedangkan pihak perbankan melakukan penilaian dari sisi kelayakan finansial. Disamping itu, perbankan juga dapat memberikan gambaran mengenai kecenderungan usaha saat ini dan di masa yang akan datang.

Download Pedoman PMW dibawah ini:

PEDOMAN PMW UNJ TAHUN 2015