LPM Didaktika UNJ

Nama Didaktika sendiri diambil dari kata didaktique yang artinya pembelajaran. Awalnya, Didaktika merupakan sebuah divisi penerbitan di bawah bendera Dewan Mahasiswa (Dema). Terbitannya sendiri masih berupa stensilan dan  selebaran yang ditempel di mading yang berada di pojok-pojok fakultas dan jurusan. Menurut penelusuran sejarah, hasil wawancara dengan Ahmad Bagja, Didaktika telah hadir sejak 1969. Dialah orang yang paling aktif menerbitkan stensilan-stensilan tersebut.

Dari waktu ke waktu, tuntutan akan penyempurnaan dan pemasifan terbitan ini semakin didengungkan. Apalagi sejak munculnya kebutuhan akan media alternatif yang menjadi corong aspirasi mahasiswa dan rakyat. Makanya, produk Didaktika berupa stensilan berubah menjadi tabloid berbentuk koran yang mempunyai beberapa rubrik. Seturut dengan perkembangan pers mahasiswa itu yang punya kekuatan strategis, pemerintah rezim Suharto pun mulai mengawasi secara ketat terbitan-terbitan mahasiswa. Yang berakhir dengan pembredelan terhadap terbitan Didaktika pada akhir tahun 70-an. Terbitan-terbitan mahasiswa universitas lain yang senasib dibredel karena mengoyak wibawa pemerintah pun, di antaranya: Salemba (UI), Berita ITB (ITB Bandung), Integritas, Muhibah (UII Yogyakarta), dan Aspirasi (UPN).

Meski begitu dalam perkembangnya, eksistensi divisi penerbitan melangkah maju dalam hal penerbitan. Sehingga, ada tuntutan divisi penerbitan bernama Didaktika ini dijadikan unit otonom di luar Dema. Alhasil, terciptalah Unit Penerbitan Kampus (UPK) Didaktika IKIP Jakarta yang menaungi kegiatan jurnalistik di dalamnya.

DIDAKTIKA meyakini bahwa produk (tulisan) merupakan alat penggugah kesadaran dan kepekaan sosial. Serta menjadi counter opini, di tengah arus lalu lintas informasi yang semakin padat. Maka dari itu, tuntutan untuk mendirikan portal (website) kami lakukan.

Walau sudah dilakukan sejak kepengurusan DIDAKTIKA tahun 2005 dengan pendirian blog, dan di tahun kepengurusan 2008 berhasil menerbitkan laman www.didaktikaunj.org. Yang fungsinya sebatas menjadi basis data. Gagasan membuat portal berisi berita dilakukan setelah laman www.didaktikaunj.org mati suri. Akhirnya pada tahun 2010 gairah untuk mencipta laman baru mulai mewujud di awal tahun 2012 dengan ditandai lahirnya laman www.didaktikaunj.com.

Rubrikasi laman tersebut, disesuaikan dengan SDM yang ada. Sebab, kami berpegang teguh bahwa laman tersebut adalah ruang aktualisasi diri para anggota. Tapi, tidak menutup kemungkinan menerima kiriman tulisan berupa opini atau sastra dalam laman tersebut.

Kami pun meyakini, bahwa produk dotcom merupakan jawaban zaman, pers mahasiswa kekinian. Meski patut disadari, produk tersebut belum menjamah semua kalangan. Tapi perlu diyakini dotcom yang ada pada pers mahasiswa dapat menjadi alternatif. Dari sekian banyak produk jurnalisme online media mainstream yang hanya mengejar kecepatan dan kepraktisan semata.

Meski begitu, kami pun masih mempertahankan majalah sebagai wujud eksistensi kami sebagai pers mahasiswa. Yang terbit pada setiap semester. Disanalah pergulatan ide yang memaksa kami menguras pikiran dan semangat begitu besar.

 Prestasi DIDAKTIKA tiga tahun terakhir:

  1. Kurnia Yunita Rahayu meraih juara III dalam lomba penulisan essay yang diadakan di Fakultas Ilmu Sosial pada 2015.
  2. Virika Rizky Utama meraih juara I dalam lomba penulisan essay se-Pulau Jawa yang diadakan Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik (IISIP) Jakarta pada 2015
  3. Daniel Fajar Harianto meraih juara II dalam lomba Indepth Reporting tingkat nasional yang diadakan Universitas Negeri Yogyakarta pada 2015.
  4. Virdika Risky Utama meraih juara III dalam lomba penulisan feature se-Pulau Jawa yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup pada 2016.
  5. Sejumlah tulisan masuk ke media cetak nasional (KOMPAS) dan media online. Tulisna yang masuk berupa berita mau pun resensi.
  6. Menerbitkan tulisan di majalah, HALUAN MAHASISWA, Warta MPA, Newsletter, KRONIK dan didaktikaunj.com.

 STRUKTUR ORGANISASI PERIODE 2016

 KETUA UMUM

Virdika Rizky

 SEKRETARIS UMUM

Daniel Fajar

 BENDAHARA UMUM

Latifah

 BENDAHARA 2

Naswati

 PIMPINAN REDAKSI

Yogo Harsaid

 KADERISASI

Muhammad Fahri

 Informasi lebih lanjut :

Sekretariat           : Gedung G LantaiNo. 304, Kampus A. Telp : (021) 47865543,

Email                     : di_didaktika@plasa.com,

Website                 : www. Didaktikaunj.com