MENWA UNJ

     Perguruan Tinggi merupakan jenjang akademis tertinggi yang mempunyai fungsi kontrol bagi kelangsungan dan keseimbangan perjuangan bangsa yang berlandaskan idiil, moril, dan Ketuhanan Yang Maha Esa dan tercermin dalam butir-butir Pancasila. Mahasiswa yang merupakan unsur dalam perguruan tinggi adalah bagian integral dari pertumbuhan dan perkembangan masyarakat (bangsa) yang mempunyai ciri-ciri kebudayaan tersendiri.

            Sadar akan kedudukan mahasiswa di tengah-tengah masyarakat, maka keutuhan perjuangan harus diarahkan kepada sikap konstruktif, padu, dan menyeluruh. Untuk itu, Resimen Mahasiswa yang merupakan wadah partisipasi aktif mahasiswa dalam membentuk kader-kader bangsa ikut serta dalam upaya pembelaan Negara sebagai perwujudan dari cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pancasila dan UUD 1945.

            Sejalan dengan perkembangan waktu, Resimen Mahasiswa sebagai wadah diri dan potensi mahasiswa sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berbenah dengan membentuk dasar yang kuat dan pondasi yang kokoh agar Resimen Mahasiswa tetap bisa ikut serta dan berpartisipasi aktif serta konstruktif dalam menjaga keutuhan bangsa dan mengisi pembangunan dengan berdasarkan nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan kesatuan, serta pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

            Resimen Mahasiswa Satuan Universitas Negeri Jakarta merupakan suatu bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat universitas yang berkonsentrasi dalam pengembangan Minat Dan Bakat di Bidang Bela Negara.

         Resimen Mahasiswa Jayakarta Satuan Universitas Negeri Jakarta disahkan pada tanggal 28 Mei 1979.

          Resimen Mahasiswa Jayakarta Satuan Universitas Negeri Jakarta didirikan dengan tujuan antara lain :

  1. Sebagai wadah penyalur potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam usaha pembelaan negara.
  2. Mempersiapkan mahasiswa untuk mempunyai sikap disiplin, wawasan kebangsaan, kemampuan fisik dan mental agar mampu melaksanakan tugasnya sebagai anggota Resimen Mahasiswa serta menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan nasional.
  3. Sebagai wadah penyalur potensi mahasiswa dalam usaha pengabdian kepada masyarakat dengan mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Sebagai wadah pengembangan potensi dan bakat mahasiswa dalam berorganisasi secara teratur, terarah dan terencana.

Sesuatu yang dimilikinya adalah Tri Sastra Pangruwating Dyu yang artinya tiga bahasa yang dapat mengguncang dunia. Fungsi Resimen Mahasiswa Jayakarta Satuan Universitas Negeri Jakarta adalah :

  1. Melaksanakan pembinaan dan peningkatan kemampuan dalam berorganisasi.
  2. Melaksanakan pembinaan disiplin Anggota Resimen Mahasiswa baik sebagai mahasiswa maupun sebagai warga negara Indonesia.
  3. Melaksanakan pembinaan satuan dan antarsatuan lainnya.
  4. Bersama mahasiswa lainnya membantu terwujudnya kehidupan kampus yang dinamis.
  5. Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan dan program perguruan tinggi serta