KSPA UNJ

Kelompok Sosial Pencinta Anak (KSPA) adalah organisasi di bidang sosial, yang menyeleng-garakan TK keliling untuk anak-anak pra sejahtera, dan KSPA adalah tempat berkumpul mahasiswa yang memiliki kecintaan dengan dunia pendidikan anak dan ingin memajukan pendidikan di Indonesia. Nama Kelompok Sosial TK Keliling, pada awalnya bernama TK Keliling grup Tunas. Ide ini muncul dari mahasiswa FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) Program Studi Psikologi Pendidikan di tahun 1982. Tercatat nama-nama Meilisa, Haslinda, Forta, Salhefni, Apriliana, Novianti, dan Rosmira sebagai pencetus sekaligus pendiri cikal-bakal KSPA.

Berdiri sejak tahun 1982, TK Keliling mulanya beroperasi di dua lokasi, yaitu Pasar Senen dan Pangadegan dengan 40 orang murid. Sesuai dengan namanya TK Keliling, maka dari tahun-ketahun lokasi pengajaran selalu berpindah-pindah di seluruh wilayah DKI, Depok, dan Bekasi. Tahun 1985 TK Keliling grup Tunas berubah menjadi TK Keliling.  TK Keliling Grup Tunas kemudian berganti nama menjadi Kelompok Sosial Pencinta Anak Taman Kanak-kanak Keliling IKIP Jakarta pada tahun 1987 yang kemudian pada tahun 1999 diubah menjadi Kelompok Sosial Pencinta Anak Taman Kanak-kanak Keliling Universitas Negeri Jakarta. Sampai pada akhirnya nama organisasi ini kembali diubah menjadi Kelompok Sosial Pencinta Anak Universitas Negeri Jakarta, dengan alasan ingin memperluas ranah tidak hanya di bidang Ke-TK-an saja melainkan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini mengikuti perkembangan yang ada.

KSPA UNJ telah menjalin kerjasama dengan banyak pihak baik internal maupun eksternal. Diantaranya dengan Humas UNJ mengadakan acara Bookday 2014, dan terlibat aktif dengan kegiatan yang diadakan Ormawa UNJ. Untuk eksternal KSPA UNJ telah berkerjasama dengan Yayasan Dunamis terkait peningkatan mutu pengajar dengan memberikan pelatihan 7 Kebiasan Efektif dan PT. Pertamina (Persero) dengan mengadakan program TK Keliling yang sudah berlangsung dua tahun di Kecamatan Koja, satu tahun di Kecamatan Cilincing dan Kelurahan Rawa Badak Utara, memasuki tahun ke-4 program TK Keliling diadakan di Kecamatan Cilincing, Kelurahan Kali Baru.

 Visi KSPA Universitas Negeri Jakarta

Periode 2016

Meningkatkan hubungan internal dan eksternal untuk mewujudkan KSPA UNJ yang berkompeten dalam penyelenggaraan keorganisasian.

 Misi KSPA Universitas Negeri Jakarta

Periode 2016

  1. Meningkatkan keterampilan berorganisasi pengurus KSPA UNJ melalui pelatihan keorganisasian
  2. Memberikan pelatihan dasar kepengajaran untuk menunjang kualitas pengajar TKK KSPA UNJ
  3. Merencanakan pembukaan TKK KSPA UNJ di lokasi baru
  1. Menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan organisasi atau komunitas sosial di luar UNJ
  2. Menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan pengurus dan pengajar

 Saat ini KSPA pada tahun 2016 mempunyai 4 cabang TK keliling, yaitu di Rawamangun, Kampung Bandan, Duren Sawit, dan Warakas. Saat ini terdaftar lebih dari 55  anak didik yang diajar setiap dua minggu sekali. Periode 2016 ini KSPA yang di ketuai oleh Yudi mempunyai program kerja antara lain adalah :

  1. Gebyar Tahun Ajaran Baru
  2. Prencanaan pembukaan lokasi TK keliling yang baru
  3. Pengembangan TK keliling
  4. Program kerjasama KSPA dengan Pertamina
  5. Kaderisasi Anggota
  6. Kaderisasi Pengurus
  7. Meningkatkan mutu pengajar
  8. Peningkatan mutu pengurus
  9. Peningkatan Hubungan Komunikasi KSPA UNJ
  10. Pengadaan dan peremajaan sarana edukasi
  11. Kewirausahaan KSPA UNJ

  STRUKTUR ORGANISASI PERIODE 2016

 KETUA UMUM

Yudi Nur Muhamad

SEKRETARIS UMUM

Nurmiya Yusni Silmi Muharromi

 BENDAHARA UMUM

Yoga Syswanto

 KETUA BIDANG PENDIDIKAN

Anisa Dian Pertiwi

 KETUA BIDANG PSDM

Dina Oftaviani

 KETUA BIDANG HUMAS

Ulfa Damayanti

 KETUA BIDANG SARANA DAN PRASARANA

Lovina Lauditta

Informasi lebih lanjut:

KSPA bersekretariatan di gedung G lantai 1 No. 101, Kampus A.

 Website     : https://kspaunj.wordpress.com/

Facebook    : https://www.facebook.com/profile.php?id=1762368928&fref=ts

Instagram  : https://www.instagram.com/kspaunj/

Telp : (021) 47865469

Email : kspa_tkkeliling@yahoo.com