PMK UNJ

Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) Berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Persekutuan Mahasiswa Kristen Universitas Negeri Jakarta merupakan unit kegiatan pembinaan mental/spiritual mahasiswa Kristen IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) di bawah naungan bidang kemahasiswaan IKIP Jakarta (Universitas Negeri Jakarta)

Persekutuan Mahasiswa Kristen berawal dari bagian  Dewan Mahasiswa bidang kerohanian Kristen IKIP Jakarta Tahun 1971. Pada tahun 1979 bidang kerohanian Kristen IKIP Jakarta berdiri sendiri dengan nama Persekutuan Mahasiswa Kristen Ora Et Labora IKIP Jakarta. Pada tahun 1981 berubah nama kembali menjadi Persekutan Mahasiswa Kristen (PMK) hingga sekarang.

 Visi PMK

Mahasiswa Kristen yang bertumbuh dalam Kristus melalui persekutuan, Firman Tuhan, dan doa, serta menghidupinya sehingga siap menjadi alumni yang menjalankan fungsinya sebagai garam dan terang dalam panggilanNya baik dalam bidang kependidikan maupun non kependidikan (keluarga, studi, gereja, masyarakat, bangsa, dan negara).

Misi umum

  1. Menghimpun segenap mahasiswa Kristen UNJ dalam satu wadah PMK UNJ, guna melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus
  2. Membina mahasiswa Kristen UNJ untuk taat kepada Yesus Kristus serta bertanggung Jawab kepada kampus, gereja, dan masyarakat.
  3. Mengemban dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian)

 Deskripsi Tujuan

Berdasarkan Firman Tuhan “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:19-20)

Kegiatan :

Kegiatan rutin yang di lakukan PMK adalah ibadah persekutuan Jemaat setiap hari jumat pukul 11.40 WIB. PMK juga selalu mengadakan acara pada perayaan hari besar seperti pada momentum paskah dan natal. Selain itu, acara rutin seperti TEMAN (Temu Mahasiswa dan Alumni) dan ibadah penyambutan mahasiswa baru.

Pembinaan rutin seperti persekutuan doa, pendalaman alkitab di setiap fakultas dengan penanggung jawab dari PMK.  Pemuridan dilakukan dengan kelompok 2-3 orang untuk membina mahasiswa untuk melakukan menggali firman al-kitab.

Jalinan kerja sama dilakukan dengan PMK Bandung, Bogor, Persekutuan Antar Universitas (Perkantas), dan Lembaga Penginjilan Mahasiswa Indonesia (LPMI).

Program Rutin

  1. Persekutuan Jemaat – Menghimpun, membina, memperlengkapi seluruh Mahasiswa Kristen melaluiPersekutuan, Firman Tuhan dan Doa
  2. Persekutuan Doa Tiap Fakultas (FIP, FBS, FIS, FMIPA, FT, FIK, FE) – Menghimpun dan membina jemaat tiap Fakultas untuk bersekutu, mensharingkan berkat dan kondisi pribadi, serta tumbuhnya rasa persaudaraan diantara sesama jemaat FIS dengan saling memperhatikan, memotivasi, dan mendoakan
  3. Persekutuan Pelayan – Memperlengkapi dan membina pengurus, tim kerja dan pelayan agar semakin diperlengkapi mengenai pengenalan dasar-dasar pelayanan dan essensi pelayan melalui persekutuan, firman Tuhan, dan doa sehingga dapat melayani jemaat dengan lebih sungguh-sungguh.
  4. Pembinaan anggota dalam Kelompok Kecil – Menghimpun KK ( PKK dan AKK) Universitas Negeri Jakarta untuk bersekutu dan menghayati peran Kelompok Kecil sebagai tulang punggung PMK dalam mewujudkan kesatuan tubuh Kristus.
  5. Penerbitan Buletin Imanuel – Sebagai media pembinaan, informasi dan komunikasi Mahasiswa di dalam dan di luar PMK UNJ
  6. Evaluasi Kepengurusan – Program yang dilaksanakan untuk mengevaluasi setiap kinerja dan keberlangsungan PMK UNJ.
  7. Paskah Sivitas PMK UNJ – Program acara paskah sivitas PMK UNJ merupakan program besar tahunan yang dilakukan PMK UNJ yang bertujuan untuk menghimpun seluruh Mahasiswa Kristen Universitas Negeri Jakarta untuk bersama memperingati momen kematian Yesus Kristus dan kebangkitan Yesus Kristus (Paskah).
  8. Natal Sivitas PMK UNJ – Program natal sivitas UNJ merupakan salah satu program yang diselenggarakan sebagai wadah untuk mengucap syukur akan Natal dan sebagai sarana agar Jemaat dapat menikmati dan menghayati makna Natal bersama seluruh sivitas Universitas Negeri Jakarta.
  9. Training MC dan Pemusik – Program ini merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh PMK UNJ untuk mempersiapkan pelayan-pelayan dalam tatanan ibadah setiap pembinaan yang ada di UNJ.
  10. Camp Calon Pemimpin Kelompok Kecil – Program ini merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh PMK UNJ intuk mempersiapkan pelayan-pelayan dalam Pemimpin Kelompok Kecil agar siap memimpin
  11. Ibadah dan Rapat Tahunan Anggota – Salah satu program yang diadakan di akhir tahun ini adalah program yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja setiap pengurus PMK UNJ yang dapat menjadi tolak ukur kinerja kedepannya.
  12. Camp Regenerasi – Program Camp Regenerasi ini adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan PMK UNJ dengan tujuan untuk mempersiapkan pengurus-pengurus PMK kedepanya yang akan dijadikan calon-calon regenerasi pengurus PMK UNJ.
  13. Penyambutan Mahasiswa Baru ( PMK Siana, PMB, KKR) – Acara penyambutan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta adalah salah satu acara yang diselenggarakan pada awal tahun ajaran baru. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada Makasiswa (Kristen) Baru apa itu Unit Persekutuan Mahasiswa Kristen Universitas Negeri Jakarta.

Sekretariat PMK di Gedung G. 201, Kampus A, Telp : (021) 47865705

Facebook        : https://www.facebook.com/pmk.unj

Email              : pmkunj_4jc@yahoo.com

Instagram       : https://www.instagram.com/pmkunj/