Profil Bidang Kemahasiswaan

Selayang Pandang

Salam sejahtera saya sampaikan kepada seluruh pengunjung website bidang kemahsiswaan, semoga selalu dalam lindungan Tuhan YME. Alhamdulilah website bidang kemahasiswaan ini telah terselesaikan. Website bidang kemahasiswaan ini dibuat untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan dibidang kemahasiswaan dalam media elektronik.

Untuk itu website ini dibuat agar para pengunjung khususnya para mahasiswa, organisasi mahasiswa dan organisasi pemerintahan mahasiswa dapat mengetahui dan menyesuaikan kegiatan-kegiatan pada unit kerja masing-masing. Selain itu juga berita-berita seputar mahasiswa, Program Kreativitas Mahasiswa, Program Kewirausahaan Mahasiswa, Kerjasama Institusi Mitra, Pengembangan dan Operasional, Minat Bakat (ORMAWA/OPMAWA), Soft Skill & Leadership, Penalaran, beasiswa dan prestasi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dapat terpublikasikan melalui media elektronik.

Akhir kata, selamat mengunjungi website ini, bila ada kritik dan saran bisa disampaikan langsung melalui email pr3.unj@gmail.com terima kasih.

VISI DAN MISI PEMBINAAN KEMAHASISWAAN

Menyadari tanggung jawab UNJ dalam melaksanakan pembinaan kemahasiswaan sebagai bagian tak terpisahkan dari penyelenggaraan tanggung jawab akademik, UNJ perlu menetapkan visi serta misi pembinaan kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta.

Visi pembinaan kemahasiswaan di Universitas Negeri Jakarta adalah menjadi wahana yang efektif untuk menjadikan lulusan UNJ yang Cerdas, Religius, Mandiri, Peka, dan Kompetitif. Untuk itu maka lulusan diharapkan memiliki karakter-karakter sebagai berikut:

  1. memiliki pengetahuan yang bermakna bagi kehidupan di lingkungannya serta mampu berkarya unggul secara mandiri maupun berkelompok dalam persaingan global;
  2. tekun, berdaya juang sangat tinggi, serta sungguh-sungguh dalam menjunjung etika berprofesi dan etika masyarakat;
  3. berjiwa kepeloporan untuk membuat dirinya teladan dalam kepemimpinan, bertabiat kreatif, inovatif, pekerja keras, dan bertanggung jawab untuk kehidupan yang lebih bermanfaat dan bermakna bagi lingkungannya dan masyarakat;
  4. berbudi pekerti luhur serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi dalam suasana kebhinekaan.

Misi pembinaan kemahasiswaan di Universitas Negeri Jakarta adalah memanfaatkan seluruh potensi UNJ untuk secara bersama-sama:

  1. Mengembangkan kecakapan intelektual mahasiswa UNJ sebagai calon cendekiawan masa depan yang tekun mencari dan membela kebenaran ilmiah;
  2. Mengembangkan kemampuan mahasiswa UNJ untuk berpikir kritis, santun, bermoral, beriman, dan berbudaya yang berlandaskan kepada kaidah hukum dan norma akademik yang berlaku secara universal;
  3. Menumbuhkembangkan kreativitas, semangat inovasi, dan kepedulian sosial dalam meningkatkan daya saing serta martabat bangsa;
  4. Mengembangkan idealisme dan suasana demokratis dalam kehidupan kemahasiswaan di UNJ;
  5. Meningkatkan kualitas kepemimpinan insan mahasiswa UNJ yang menghargai nilai-nilai martabat kebhinekaan;
  6. Menanamkan rasa Nasionalisme dalam diri mahasiswa UNJ yang konstruktif sebagai warga negara Indonesia dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia;
  7. Menumbuhkan kesadaran pada standar internasional dan kemauan melatih diri dengan rajin (Lifelong Learning) agar mampu bersaing secara global.

 Semboyan pembinaan kemahasiswaan adalah In Harmonia Progressio (Progress in Harmony) atau maju membangun dalam Keselarasan.

 Rencana Strategis Bidang Kemahasiswaan

Pola pembinaan kemahasiswaan di Universitas Negeri Jakarta diarahkan pada pengembangan budaya kampus yang menginte­grasikan antara pembinaan intrakurikuler melalui kegiatan proses pembelajaran dengan pembinaan ekstrakurikuler melalui pembinaan penalaran, minat bakat dan kesejahteraan mahasiswa. Pengembangan yang dilakukan secara sinergi seperti ini memungkinkan terjadinya pembentukan jati diri mahasiswa seutuhnya serta memadukan pengembangan kemampuan intelektual dengan soft-skills, yang diperlukan mahasiswa kelak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Program pengembangan kemahasiswaan ini akan mendukung pencapaian kompetensi lulusan yang utuh untuk mampu berperan dalam masyarakat secara cerdas, bermartabat dan bertanggungjawab menurut profesinya masing-masing.

Fungsi dan Tugas Bidang Kemahasiswaan:

  1. Mengkordinir perencanaan operasional, pelaksanaan dan evaluasi formatif program-program pembinaan kemahasiswaan.
  2. Mengarahkan program-program pembinaan mahasiswa kepada penunjang program-program kependidikan dan non kependidikan dan pemantapan peran Universitas Negeri Jakarta dalam masyarakat.
  3. Menggalakan kegiatan bimbingan mahasiswa dan hasil orientasi studi serta mengatasi kesulitan belajar mahasiswa.
  4. Mengadakan pengadaan dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa, serta peningkatan pelayanan kesehatan mahasiswa
  5. Mengembangkan kegiatan olahraga, kesenian dan minat bakat mahasiswa
  6. Mengembangkan program-program pembinaan kepemimpinan dan kepribadian mahasiswa.
  7. Menggalakan usaha penerangan mengenai pekerjaan dan penempatan serta mengembangkan ikatan alumni Universitas Negeri Jakarta.
  8. Mengkomunikasikan program kegiatan dan pelaksanaan pembinaan mahasiswa kepada Rektor.