Tuan Rumah UNJ Kembali Mempertahankan Galar Juara Umum Kejuaraan Hockey Ruangan Mahasiswa Tahun 2017

Tuan Rumah UNJ Kembali Mempertahankan Galar Juara Umum Kejuaraan Hockey Ruangan Mahasiswa Tahun 2017

Tuan Rumah UNJ Kembali Mempertahankan Galar Juara Umum Kejuaraan Hockey Ruangan Mahasiswa Tahun 2017

Sudah menjadi tradisi secara turun temurun penyandang gelar juara umum selalu jatuh pada genggaman Hockey Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pada Kejuaraan Hockey Ruangan Mahasiswa (KHRM) Antar Perguruan Tinggi se Indonesia Piala Bergilir MENPORA RI ke XII 2017 kali ini diwarnai dengan aksi Penalty Shoot Out, baik perebutan tempat ke 3 hingga Final.

Kejuaraan yang dipimpin oleh Budi Akhmad ini berlangsung pada tanggal 24 s.d. 28 April 2017. Diadakan oleh Perkumpulan Hockey UNJ dalam rangka kegiata tahunan yang diselenggarakan Perkumpulan Hockey UNJ dan dihadiri oleh pejabat-pejabat tinggi UNJ serta perwakilan  MENPORA yaitu Asisten Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Bapak Chandra. Kejuaraan pada tingkat Nasional ini diikuti oleh beberapa Universeitas diantaranya UNILA Lampung, UNHAS Makasar, UNNES Semarang, UNESA Surabaya, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta sebagai tuan rumah.

Gedung Serba Guna (GSG), Kampus B UNJ telah menjadi saksi bisu dalam kenyataan pahit yang harus diterima oleh tim Hockey putri UNJ. Dimana tim dari Hockey Universitas Negeri Semarang (UNNES) mampu merebut gelar juara 1 menghentikan tradisi juara sejak tahun 2012. Pertandingan antara UNNES vs UNJ A katagori putri ini berlangsung selama 2×20 menit, namun skor masih bertahan 1-1 yang akhirnya dilanjutkan dengan aksi Penalty Shoot Out selama 4 putaran dan skor akhir 5-6 dengan keunggulan UNNES putri. Hal ini menjadikan Hockey putri UNJ A  harus menempati peringkat 2. Disisi lain, tim UNJ B putri berhasil menduduki peringkat 3 setelah mengalahkan lawannya.

Melirik Hockey putra UNJ pada laga final antara UNJ A yang dihadapkan dengan UNESA Surabaya bertanding secara sengit, hingga memaksa laga final berakhir tanpa gol. Dilanjutkan dengan aksi Penalty Shoot Out. Gol yang sicetak oleh. Eksekutor penalty UNJ A menjadikan skor akhir 2-0 dengan keunggulan UNJ A. Disamping itu UNJ B berhasil pula menduduki peringkat 3. UNESA menjadi lawan terberat UNJ karena asal usul fakultas yang sama yakni Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) menjadikan UNJ harus mampu mengusung strategi yang lebih dari biasanya.

“menurut saya lawan terberatnya UNJ itu ya dari UNESA Surabaya karena mereka juga sama – sama dari FIK’’ ujar Budi Akhmad, selaku pemain dari UNJ A.

Penulis: Puspa Regina