KMPA Eka Citra UNJ Memperingati Sumpah Pemuda Melalui Ekspedisi Gn. Trikora, Wamena dan Kampanye Green Indonesia for The World

KMPA Eka Citra UNJ Memperingati Sumpah Pemuda Melalui Ekspedisi Gn. Trikora, Wamena dan Kampanye Green Indonesia for The World

KMPA Eka Citra UNJ Memperingati Sumpah Pemuda Melalui Ekspedisi Gn. Trikora, Wamena dan Kampanye Green Indonesia for The World

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidaklah semudah membalikan telapak tangan, melewati berbagai proses dan tahapan yang panjang dan berawal dari kesadaran akan keinginan bersama satu tujuan maka pada 88 tahun yang lalu timbulah niat dari berbagai kalangan pemuda di seluruh Nusantara untuk mengikrarkan diri lewat sumpah serapah yang sampai saat ini terus diperingati yaitu Sumpah Pemuda.

pelepasan1 pelepasan2 upacara pelepasan pelepasan

Pelepasan Tim Ekspedisi Sumpah Pemuda Oleh Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Jakarta

Berawal dari semangat sumpah pemuda untuk persatuan dan kelestarian alam Indonesia. Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Eka Citra Universitas Negeri Jakarta turut andil dalam memperingati hari bersejarah tersebut. Sesuai dengan nama dan identitasnya maka KMPA Eka Citra mencoba memperingatinya melalui kegiatan bakti pendidikan, pendakian dan kampanye lingkungan hidup.

 kampanye green indonesia for the word

Kampanye Green Indonesia For The World di SMA Al Azhar 4 Kemang Pratama

Ekspedisi Sumpah Pemuda 2016 Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Eka Citra Universitas Negeri Jakarta merupakan sebuah program besar pada tahun 2016 ini yang merupakan ciri khas dari KMPA Eka Citra didalam melakukan kegiatan penjelajahannya selalu memaknai arti Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan persiapan yang matang selama enam bulan meliputi latihan teknik dan fisik serta try out pendakian di tiga  gunung di  Jawa  Tengah dan pemanjatan di tebing Citatah 125, Bandung. Maka tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2016 KMPA Eka Citra Universitas Negeri Jakarta melaksanakan serangkaian kegiatan meliputi :

  1. “Ekspedisi Sumpah Pemuda” yang didalamnya meliputi Kampanye “Green Indonesia For The World di sembilan sekolah SMA di Jakarta dan Bekasi.
  2. Pemberangkatan Tim Ekspedisi Gunung Trikora dengan lima orang tim pendaki, yaitu sebuah gunung dengan ketinggian 4750 mdpl yang berada di kabupaten Wamena, Papua.
  3. Bakti pendidikan dengan mengenalkan wirausaha bidang desain grafis dan multimedia pasca pendakian di SMA PGRI 1 Wamena, Papua.
  4. Pasca Kepulangan akan dilaksanakan seminar hasil rangkaian ekspedisi Sumpah Pemuda pada bulan Desember 2016.

pelepasan tim eka citra di airport

Foto Sebelum Keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta Jakarta

Semangat Sumpah Pemuda yang berkobar didalam dada menunjukan semangat pantang menyerah untuk terus berkibarnya bendera Merah Putih diseluruh wilayah Indonesia baik daratan, lauatan, pegunungan dan udara. Karena kemerdekaan yang telah diperoleh harus di isi dan di lanjutkan demi tetap lestarinya alam Indonesia yang hijau ini.