Enter your keyword

Penyambutan 371 Mahasiswa PERMATA-SAKTI 2020

Penyambutan 371 Mahasiswa PERMATA-SAKTI 2020

Penyambutan 371 Mahasiswa PERMATA-SAKTI 2020

Humas UNJ (23/09/2020) – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menerima 371 Mahasiswa dari 19 Perguruan Tinggi untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA-SAKTI) Tahun 2020 yang dilakukan secara virtual pada Rabu, 23 September 2020.

Para mahasiswa PERMATA-SAKTI 2020 diterima oleh Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si. Ia mengatakan program ini dapat memberikan nilai lebih bagi mahasiswa, merekatkan hubungan jaringan antar perguruan tinggi dan peluang untuk saling tukar menukar pengetahuan, pengalaman, alih inovasi, dan keunikan keunggulan di perguruan tinggi tujuan.

“Saya yakin mahasiswa PERMATA-SAKTI Inbound di UNJ dengan beragam talenta dapat saling mewarnai dan mampu menghadapi tantangan era disrupsi saat ini dan yang akan datang” kata Komarudin.

Menurut Komarudin, selain penguasaan literasi, ada 7 kompetensi yang penting untuk dikuasai agar menjadi SDM yang unggul, yaitu empower learner, digital student, knowledge constructure, innovative designer, computational thinker, creative communicator, dan global contributor.

Wakil Rektor IV Universitas Negeri Gorontalo, Prof. Dr. Ikhfan Haris, M.Sc., pada kesempatan ini mengaku senang karena hari ini para mahasiswa bisa mulai mengikuti perkuliahan di Universitas Negeri Jakarta.

“8 mahasiswa ini kami harapkan jadi representasi dan panutan Universitas Negeri Gorontalo, selama 6 bulan menimba ilmu disana melihat orientasi budaya yang ada di UNJ” ungkap Ikhfan. Selain itu, Ikhfan juga mengharapkan mahasiswanya dapat dibina dan dibimbing dalam rangka penguatan kapasitas dan kapabilitas mahasiwa.

PERMATA-SAKTI merupakan program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tujuan mendorong pembelajaran di Perguruan Tinggi yang semakin otonom dan fleksibel, serta menciptakan kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan.

Program ini berlangsung secara online selama satu semester di Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Mahasiswa diberi kebebasan memilih 6 – 20 SKS mata kuliah di PTN tujuan. Selama pelaksanaan program, mahasiswa diberikan paket kuota internet, biaya kegiatan penalaran kemahasiswaan, sosial budaya, dan pengabdian kepada masyarakat.

Salah seorang mahasiswa dari Universitas Mulawarman, Ega Andriyani, juga menuturkan rasa bahagianya dapat mengikuti program PERMATA-SAKTI di UNJ. “UNJ salah satu peruguran tinggi favorit bagi mahasiswa. Harapan saya dapat mengetahui sistem perkuliahan di UNJ sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan” ujar Ega.

Tahun ini UNJ menerima mahasiswa program PERMATA-SAKTI sebanyak 371 mahasiswa dari sembilanbelas (19) Perguruan Tinggi seluruh Indonesia, diantaranya:

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 3 orang,
  2. Universitas Negeri Gorontalo 8 orang,
  3. Universitas Pendidikan Ganesha 7 orang,
  4. Universitas Negeri Surabaya 30 orang,
  5. Universitas Negeri Yogyakarta 21 orang,
  6. Universitas Negeri Semarang 49 orang,
  7. Universitas Negeri Makassar 23 orang,
  8. Universias Mulawarman 74 orang,
  9. Universitas Sembilanbelas November Kolaka 4 orang,
  10. Universitas Tidar 26 orang,
  11. Universitas Hasanuddin 4 orang,
  12. Universitas Pattimura 9 orang,
  13. Univesitas Negeri Manado 1 orang,
  14. Universitas Halu Oleo 4 orang,
  15. Universitas Jember 1 orang,
  16. Universitas Sam Ratulangi 4 orang,
  17. Universitas Diponegoro 1 orang,
  18. Universitas Gadjah Mada 1 orang,
  19. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 1 orang.

Diharapkan dari kegiatan PERMATA-SAKTI dapat terus berkesinambungan, dan meningkatkan wawasan dan pengalaman belajar mahasiswa di era kampus merdeka saat ini.