Enter your keyword

Pembukaan dan Pengukuhan Dewan Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA Nasional Universitas Negeri Jakarta

Pembukaan dan Pengukuhan Dewan Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA Nasional Universitas Negeri Jakarta

Pembukaan dan Pengukuhan Dewan Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA Nasional Universitas Negeri Jakarta

Humas UNJ (09/07/2020) – Pembukaan dan Pengukuhan Dewan Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA Nasional Universitas Negeri Jakarta digelar  secara virtual pada 9 Juli 2020 melalui media zoom. MTQ Pelajar SMA Tingkat Nasional UNJ Tahun 2020 diusung dengan tema “Optimisme Membangun Indonesia Unggul di Tengah Pandemic dengan Inspirasi Al-Qur’an” Acara dimulai pukul 10.00 WIB yang dipandu oleh Duta UNJ, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan Mars MTQ. Hadir dalam tatap maya Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si., para wakil rektor, ketua lembaga, kepala biro, para dekan fakultas, serta para peserta lomba MTQ UNJ 2020.

Komarudin menyampaikan bahwa pandemik covid-19 telah menyebabkan banyak perubahan dan kebiasaan baru di berbagai bidang baik pendidikan, sosial-budaya, maupun ekonomi yang menuntut kita harus mampu beradaptasi dengan baik. “Rangkaian pesta daring 2020 sebagai komitmen dari UNJ untuk menyiapkan wadah kompetitif pada kondisi pandemik saat ini, bukan hanya bagi para mahasiswa tapi juga untuk para pelajar” jelasnya. Selain itu, Komarudin menambahkan, UNJ berkomitmen untuk melaksanakan protokol kesehatan sebagai upaya penyebaran covid-19. “Mari kita saling menjaga, saling mengingatkan, sehingga selama pelaksanaan kegiatan tidak menyalahi aturan dan memenuhi standar protokol kesehatan kesehatan pada masa new normal saat ini” ujarnya.  Ia juga berharap proses perlombaan ini berjalan lancar dan menghasilkan bibit-bibit terbaik. “Kami akan menyediakan hadiah berupa beasiswa bagi penampil terbaik yang nantinya ingin berkuliah di Universitas Negeri Jakarta” pungkasnya.

Lomba MTQ Pelajar SMA Tingkat Nasional UNJ Tahun 2020 ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Pesta Daring UNJ 2020 (Pekan Sains, Teknologi dan Aktualisasi Mahasiswa yang dilaksanakan secara daring). “Kegiatan MTQ ini merupakan satu-satunya kegiatan lomba pelajar tingkat nasional yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian UNJ terhadap proses pembinaan prestasi bagi para ahli Al-Quran tingkat pelajar SMA sederajat di seluruh Indonesia” jelas Abdul Sukur selaku penanggung jawab. Tidak hanya kegiatan lomba membaca Al-Quran, tetapi MTQ UNJ 2020 juga menjadi tuntutan untuk mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. MTQ UNJ terdiri atas empat cabang lomba yang diharapkan akan memberikan efek positif dalam kehidupan keberagaman berbangsa dan bernegara. Empat cabang tersebut adalah Tilawatil Quran, Tartil Quran, Khitabah Syarhil Quran, dan Qiraat Sab’ah.

MTQ Pelajar SMA Tingkat Nasional UNJ Tahun 2020 sudah dilaksanakan mulai dari tanggal 21 Mei dan pengumuman pemenang pada tanggal 20 Juli 2020. Peserta yang terdaftar di lomba MTQ UNJ ini diikuti oleh 338 peserta yang berasal dari 189 sekolah dari 26 Provinsi se-Indonesia.

Agenda inti pada acara ini adalah pengukuhan Dewan Hakim dan Panitra oleh Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si. Berikut para Dewan Hakim dan Panitra:
1. Dr. H. Muhammad Ali
2. Fadhlan Zainudin, M.A
3. Hj. Mawaddah Abbas
4. H. Ahmad Dahuri, SQ
5. H. Syahrir Ali Basyah, SQ
6. H. Muarif Abbas, SH
7. Dr. Hj. Umi Husnul Khotimah
8. Hj. Maria Qibtia
9. Dr. H. Abul Rohim Hasan, M.Ag
10. Dr. H. Mukhsin Salim, MA
11. Dr. Hj. Romlah Widayati
12. H. Masrur Ikhwan, SQ., M.Ag