Enter your keyword

(Bahasa) Pemberian Bantuan Mahasiswa Kosan Sekitar UNJ

(Bahasa) Pemberian Bantuan Mahasiswa Kosan Sekitar UNJ

(Bahasa) Pemberian Bantuan Mahasiswa Kosan Sekitar UNJ

Humas UNJ (8/4/2020) – Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) “Siaga Pandemi Covid-19“ memberikan bantuan untuk mahasiswa yang menetap di kosan sekitar kampus pada Rabu, 8 April 2020. Ada sekitar 515 mahasiswa yang masih ada di kosan, tetapi 150 orang kondisinya sangat membutuhkan.

Setelah kurang lebih satu bulan para mahasiswa melakukan perkuliahan jarak jauh, efek dari pandemi Covid-19 ini semakin terasa yang ditadai dengan munculnya berbagai permasalahan yang dihadapi mahasiswa pada umumnya, seperti kebutuhan masker, sanitizer, sulitnya mencari makan karena warung makan sudah banyak yang tutup, dan kebutuhan kuota internet untuk mendukung perkuliahan jarak jauh. Hal ini diperburuk lagi oleh menurunnya kemampuan finansial sebagai dampak dirumahkannya orang tua mereka dari pekerjaannya. Oleh karena itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNJ melalui program UNJ Peduli melakukan sosialisasi siaga pandemi covid-19 dengan memberikan bantuan kepada mahasiswa yang sangat membutuhkan.

Pada Selasa, 17 Maret 2020, Bidang Kemahasiswaan UNJ melakukan survei. Hasilnya menunjukkan bahwa 83,4% dari 793 responden mahasiswa masih tinggal di kosan, dan ada sekitar 515 mahasiswa yang menentap di di kosan sekitar kampus Rawamangun. Jika dirinci per fakultas, mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni yang memerlukan bantuan sebanyak sebanyak 18%; mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan sebesar 16%, mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi sebesar 5%, mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga sebesar 11%, mahasiswa Fakultas Teknik sebesar 25%, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial sebesar 11%, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi sebesar 14%. Semua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang menetap di kosan sekitar kampus Rawamangun.

Para mahasiswa yang sudah terdaftar diberikan kupon bantuan melalui e-mail masing-masing, yang harus ditunjukkan pada saat pengambilan bantuan. Bantuan yang diberikan berupa bahan makanan, perlengkapan kebersihan, masker, dan hand sanitizer. Pembagian dimulai pukul 09:00 – 17:00 yang dilakukan oleh panitia berjumlah 20 orang, yang berasal dari berbagai organisasi, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, Organisasi–Organisasi Mahasiswa, serta Ikatan Alumni UNJ yang juga ikut terlibat dalam pemberian bantuan. Posko bantuan tersebar di 4 titik kampus A UNJ. Setiap satu jam, mahasiswa yang datang hanya 40 orang. Mahasiswa wajib membawa kartu tanda mahasiswa/kartu perpustakaan untuk verifikasi sebagai penerima bantuan. Prosedur saat pemberian bantuan juga dilakukan dengan meminimalisasi kontak fisik dengan menerapkan social distancing, yaitu  antrian mahasiswa dibatasi dengan jarak 1 meter. Sealin itu, mahasiswa juga diharuskan mencuci tangan dulu sebelum menerima bantuan serta panitia diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.