Enter your keyword

(Bahasa) GOR UNJ Diresmikan, Anies Berharap dapat Menjadi Tempat Pembinaan Atlet DKI Jakarta maupun Nasional

(Bahasa) GOR UNJ Diresmikan, Anies Berharap dapat Menjadi Tempat Pembinaan Atlet DKI Jakarta maupun Nasional

(Bahasa) GOR UNJ Diresmikan, Anies Berharap dapat Menjadi Tempat Pembinaan Atlet DKI Jakarta maupun Nasional

Humas UNJ (02/02/2020) – Rektor Universitas Negeri Jakarta Dr Komarudin, M.Si dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Kampus B UNJ (Minggu, 02/02/2020).  Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si., serta Para Wakil Rektor, Dekan, dan jajarannya melakukan kegiatan peresmian GOR UNJ. Hadir pula Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Prof. Ir. Nizam, Kepala Dinas Olahraga, Achmad Firdaus, serta para pejabat tinggi pemerintahan lainnya. Acara ini juga dihadiri oleh para alumni Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ.

Dalam kesempatan ini Anies  menyampaikan empat pesan penting untuk civitas Universitas Negeri Jakarta. Pertama, Anies meminta agar kampus memerhatikan perawatan GOR UNJ. “Aspek perawatan kerap diabaikan. Kita ingin agar kebersihannya terus terjaga, artinya ketika orang datang tahun depan, maka kebersihannya masih sama dengan tahun ini,” ujar Anies. Pasalnya, selama ini secara umum aspek perawatan (maintenance) kerap kali terabaikan. Kedua ialah pemanfaatan. Anies mengimbau agar GOR UNJ yang tampak megah ini tidak hanya menjadi penghias presentasi maupun audiovisual, melainkan menjadi tempat pembibitan atlet kelas dunia. "Saya harap dialokasikan sumber daya yang cukup supaya pemanfaatannya optimal," ujarnya. Sementara yang ketiga soal prestasi. Dia berharap GOR UNJ mampu membidani lahirnya atlet-atlet yang akan meraih juara di berbagai macam kejuaraan. "Lalu keempat target prestasi harus jadi pemahaman kolektif di tempat ini. Kalau bisa dipasang besar-besar di sini," pungkasnya. Anies meminta kampus memasang target yang tinggi, jika GOR digunakan latihan basket, maka kampus hendaknya menuliskan target, begitu juga untuk cabang olahraga lainnya.

Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si., menyampaikan bahwa GOR UNJ merupakan hibah dari Pemprov DKI Jakarta. GOR ini memiliki luas 3.360 meter persegi dibangun dalam jangka waktu 218 hari. “Gedung Olahraga ini merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta senilai Rp 89 miliar. Hibah diberikan pada 2017 dan selesai dibangun pada 2019,” ujar Komarudin. “Nantinya, tempat ini akan menjadi tempat pembinaan atlet DKI Jakarta dan nasional. Sudah ada permintaan juga dari beberapa cabang olahraga untuk melakukan pemusatan latihan nasional di sini,” sambungnya. UNJ merupakan satu-satunya kampus yang memiliki fakultas olahraga di Jakarta. Dengan keberadaan GOR ini, maka akan semakin memudahkan kampus untuk pembibitan atlet. Gedung Olahraga UNJ tidak hanya menyedikan tempat latihan, tapi juga ada sport science. “Memang tidak hanya untuk olahraga, tetapi ada unsur pengembangan IPTEK juga. Ilmu olahraga akan berkembang di sini. Dengan adanya GOR ini, kami berharap semakin banyak atlet-atlet nasional yang berasal dari UNJ”, jelas Komarudin.

Gedung Olahraga UNJ mempunyai 3 lantai; di lantai 1 terdapat lahan parkir, lab fisioterapi, ruang kelas/multimedia. Lantai 2 merupakan area ball games, terdapat lapangan basket, futsal, bulu tangkis, gym, dll. Lantai 3 berisi tribun dengan kapasitas 1000 orang dan ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk ruang pertemuan dan seminar. Dalam peresmian gedung GOR UNJ, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga menandatangani prasasti peresmian gedung GOR UNJ.